oleh

Hikmah Ramadhan

Oleh Kiayi Kholil.SPdi SQ

Banyak keutamaan dan kemulyaan bulan ramadhan. Dimana sesuai firman Allah dalam Surat Al Baqoroh ayat 183 “Hai orang orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana yang telah diwajibkan tethadap orang sebelum kalian agar kalian menjadi taqwa”.
Dari itulah bahwa banyak sejumlah keterangan dalam kitab-kitab kuning bahwa bulan ramadhan ini adalah bulan yang penuh barokah, maghfiroh dan bulan penuh rahmat Allah SWT.
Mengapa dikatakan bulan penuh barokah, karena setiap amalan seperti shalat taraweh, tadarus Al Qur’an, infaq sodaqoh jariah dan amalan lainnya pahalanya dilipatgandakan.
Oleh karena itulah, saat bulan ramadhan inilah menjadi sebuah kesempatan emas untuk berlomba-lomba mendapatkan pahalanya dengan amalan-amalan yang dianjurkan tadi.
Pada bulan ramadhan inipun Al Qur’an wahyu Allah SWT diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW pada tanggal 17 ramadhan. Al Qur’an sebagai pedoman, petunjuk, obat dan pembeda antara yang haq dan yang bathil.
Selain itu bulan ramadhan juga terdapat malam lailatul qodar dimana menurut keterangan malam.lailatul.qodar jatuh pada malam-malam ganjil 10 malam terakhir bulan ramadhan. Malam Lailatul Qodar adalah “malam lebih baik dari seribu bulan” sesuai nashNya suath Al Qodar. Malam itulah yang sangat dinanti-nanti oleh orang-orang yang beriman dan senantiasa beramal sholeh.(dan/vry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *