oleh

Bertemu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Ini Pemaparan Kang Jimat Tentang Pariwisata di Subang

JAKARTA – Bupati Subang H. Ruhimat menghadiri undangan kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif RI berkenaan dengan audiensi serta rencana kolaborasi dan aksi atas pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Subang. Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan di Balairung Soesilo Soedirman, Gd. Sapta Pesona Lt. 1 Jakarta, Rabu (19/5).

Undangan tersebut merupakan tindaklanjut permohonan audiensi beberapa kepala daerah kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang ingin memaparkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di daerahnya masing-masing. Selain Kabupaten Subang terdapat 9 daerah lainnya yang berkesempatan untuk mengadakan audiensi tersebut. Adapun daerah yang mendapatkan undangan serupa diantaranya Kabupaten Lampung Barat, Sukabumi, Purwakarta, Blora, Aceh Selatan, Kota Bandar Lampung, Dumai, Bekasi dan kota Bandung.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyapa seluruh bupati dan walikota yang hadir serta memberikan berbagai arahan berupa rencana kolaborasi dan aksi untuk pengembangan potensi ekraf dan memberikan kesempatan kepada Setiap bupati dan walikota untuk menyampaikan pemaparannya terkait potensi wisata di daerahnya masing-masing.

Dalam paparannya Kang Jimat berharap melalui kegiatan ini akan terjadi sinergitas antara pusat dan daerah dalam rangka membangun bersama berbagai potensi kepariwisataan dan ekonomi kreatif di Kabupaten Subang dan berharap pula agar Kabupaten Subang dapat menjadi destinasi wisata favorit baik lokal maupun internasional terlebih karena Subang termasuk dalam segitiga rebana.

Kang Jimat memaparkan sejumlah visi kepariwisataan Subang berupa konsep Program Subang Jawara, Potensi Wisata Subang, statistik kunjungan wisatawan serta berbagai rencana pengembangan pariwisata Subang.

Dalam paparannya Kang Jimat menjelaskan bahwa pemerintah Kabupaten Subang memiliki program Subang Jawara yang salah satunya adalah Program Jawara Wisata yang membidangi sektor pariwisata, seni dan budaya.

Terkait potensi pariwisata di Kabupaten Subang kang jimat menyampaikan berbagai potensi pariwisata Subang yang diantaranya:
– Zona Selatan: terdapat potensi kawasan wisata alam, pemberdayaan masyarakat dan KSPN Jawa Barat
– Zona Tengah: terdapat potensi wisata buatan dan wisata budaya
– Zona Utara: terdapat potensi Konservasi, wisata bahari dan Kawasan Pelabuhan Patimban.

Kang Jimat pun menambahkan bahwa Kabupaten Subang berada pada lokasi strategis segitiga rebana yang wilayahnya meliputi Cirebon, Patimban (Subang), dan Kertajati (Majelengka) memiliki Kegiatan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Industri, Ditunjang dengan Pelabuhan Patimban, Bandara Kertajati di Majalengka, Jalan Tol Cipali, Bandung dan Kertajati. “Kabupaten Subang memiliki peran penting sebagai kawasan pendorong berkembangnya
Setigita Rebana berupa perencanaan pembangunan 10 kawasan perusahaan potensial,” papar Kang Jimat

Sebagai wujud nyata pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Subang, pemerintah daerah telah melaksanakan Launching 15 Desa Wisata yang terdiri dari 8 desa wisata embrio dan 7 desa wisata berkembang. Adapun desa wisata tersebut meliputi:
– Kecamatan Ciater (Desa Cibeusi, Desa Sanca dan
Desa Cisaat)
– Kec. Jalancagak (Desa Bunihayu)
– Kec. Kasomalang (Desa Pasanggrahan dan Desa kasomalang Kulon)
– Kec. Tanjungsiang (Desa Cibuluh, Desa Buniara, Desa Kawungluwuk, dan Desa Tanjungsiang)
– Kec. Cisalak (Desa Cisalak, Desa Sukakerti, Desa Cimanggu, dan Desa Cipunagara)
– Kec. Cijambe (Desa Cirangkong)

Terkait Pengembangan
Pariwisata Subang kang Jimat mengungkapkan bahwa saat ini pemerintah daerah sedang dalam tahap mengembangkan Kawasan Wisata (Zona Subang Selatan), penyediaan sarana insfrastruktur berupa Aksesibilitas & Amenitas, mengadakan berbagai pelatihan peningkatan skill Pelaku Ekraf serta Pengembangan SDM di sektor Pariwisata.

Menutup pemaparannya Kang Jimat mengajukan permohonan dukungan dari pemerintah pusat khususnya menteri Pariwisata dan ekonomi kreatif dalam pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Subang dan mendapat respon positif bahwa Sandiaga Uno siap membantu mempromosikan produk wisata melalui media internal kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif termasuk melalui media pribadinya. (rls/idr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *