Berada di Lokasi Strategis Segitiga Rebana, Subang Diharapkan Jadi Destinasi Wisata Favorit

Berada di Lokasi Strategis Segitiga Rebana, Subang Diharapkan Jadi Destinasi Wisata Favorit
HUMAS PEMDA SUBANG CINDERAMATA: Bupati Subang H Ruhimat menyerahkan cinderamata dari Kabupaten Subang kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, berupa Batik Kareumbi dan Batik Ganasan serta buah nanas simadu khas Subang
0 Komentar

SUBANG-Kabupaten Subang diharapkan bisa menjadi destinasi wisata favorit, baik lokal maupun internasional. Pasalnya, Subang berada pada lokasi yang sangat strategis dalam kawasan Segitiga Rebana wilayahnya meliputi Cirebon, Patimban (Subang), dan Kertajati (Majelengka).

Bupati Subang Ruhimat mengatakan kawasan Segitiga Rebana memiliki kegiatan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Industri yang ditunjang dengan Pelabuhan Patimban di Subang, Bandara Kertajati di Majalengka, Jalan Tol Cipali, Bandung dan Kertajati. “Kabupaten Subang memiliki peran penting sebagai kawasan pendorong berkembangnya Segitiga Rebana berupa perencanaan pembangunan 10 kawasan perusahaan potensial,” kata H. Ruhimat saat menghadiri undangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI di Balairung Soesilo Soedirman Jakarta, Rabu (19/5)

Terkait potensi pariwisata di Kabupaten Subang, Ruhimat yang akrab disapa Kang Jimat ini menyebut, berbagai potensi pariwisata Subang yang terbagi tiga zona yakni Zona Selatan, Zona Tengah dan Zona Utara.

Baca Juga:Purnawirawan dan Warakawuri Disuntik Vaksin Covid-19Waspada Modus Baru Penipuan, Tukar Uang Langsung Kabur

Dia menjelaskan di Zona Selatan terdapat potensi kawasan wisata alam, pemberdayaan masyarakat dan KSPN Jawa Barat. Sementara di Zona Tengah terdapat potensi wisata buatan dan wisata budaya. Sedangkan di Zona Utara terdapat potensi Konservasi, wisata bahari dan Kawasan Pelabuhan Patimban.

Sebagai wujud nyata pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Subang, lanjut dia, pemerintah daerah telah melaksanakan Launching 15 Desa Wisata yang terdiri dari 8 desa wisata embrio dan 7 desa wisata berkembang. Adapun desa wisata tersebut meliputi Kecamatan Ciater (Desa Cibeusi, Desa Sanca dan Desa Cisaat), Kec. Jalancagak (Desa Bunihayu), Kec. Kasomalang (Desa Pasanggrahan dan Desa kasomalang Kulon), Kec. Tanjungsiang (Desa Cibuluh, Desa Buniara, Desa Kawungluwuk, dan Desa Tanjungsiang), Kec. Cisalak (Desa Cisalak, Desa Sukakerti, Desa Cimanggu, dan Desa Cipunagara), Kec. Cijambe (Desa Cirangkong).

“Saat ini pemerintah daerah sedang dalam tahap mengembangkan Kawasan Wisata (Zona Subang Selatan), penyediaan sarana insfrastruktur berupa Aksesibilitas & Amenitas, mengadakan berbagai pelatihan peningkatan skill Pelaku Ekraf serta Pengembangan SDM di sektor Pariwisata,” ungkapnya.

Kang Jimat memohon dukungan dari pemerintah pusat khususnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Subang. “Alhamdulillah kita mendapat respon positif bahwa pak Menteri Sandiaga Uno siap membantu mempromosikan produk wisata melalui media internal Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif termasuk melalui media pribadinya,” jelasnya.

0 Komentar