Pelabuhan Patimban Banting Harga? Siswanto: Jangan Ganggu Mekanisme Pasar

Pelabuhan Patimban Banting Harga? Siswanto: Jangan Ganggu Mekanisme Pasar
DOK PASUNDAN EKSPORS SOFT LAUNCHING: Pelabuhan Patimban ketika diresmikan Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara secara Virtual tahun 2020 lalu.
0 Komentar

Ambil contoh. Instruksi agar PT Pelni (Persero) membuka rute dari dan ke Pelabuhan Patimban. Pertanyaannya, bagaimana caranya penumpang kapal tersebut akan melanjutkan perjalanan setelah turun di Pelabuhan Patimban?

“Mereka akan kesulitan. Penumpang tujuan kota Cirebon atau Karawang dan sekitarnya, angkutan apa yang dapat membawa mereka ke tempat tujuan. Lihat saja akses jalan dari Patimban menuju jalan raya Pantura yang sempit dan tanpa angkot,” katanya.

Kalau Pelni, menurut Rusdi, pasti ikut wong keinginan pemerintah, namun harap diperhatikan kepentingan para penumpang yang notabene masyarakat kecil. Seharusnya pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tidak memaksakan kehendak agar pelabuhan Patimban bergeliat, biarlah mekanisme pasar yang berlaku, termasuk bagi para penumpang kapal laut.

Baca Juga:Pancasila Misaqan Ghalizha Bangsa IndonesiaKawasan Wisata Punclut Minim PAD, Ini Penyebabnya

“Katakanlah akses jalan sepanjang sekitar 11 km yang dibangun Kementerian PUPR rampung, lalu apa angkutan pendukung dari pelabuhan Patimban? Beda dengan Tanjung Priok yang dekat Terminal Bus juga Kereta. Pelni sih siap-siap saja namun harap diperhatikan kepentingan para penumpang yang notabene masyarakat kecil,” ujarnya.

“Seharusnya pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tidak memaksakan kehendak agar Pelabuhan Patimban bergeliat, biarlah mekanisme pasar yang berlaku, termasuk bagi para penumpang kapal laut,” tutupnya.(ygi/vry)

Laman:

1 2
0 Komentar