Disparbud Kabupaten Karawang Serius Kembangkan Wisata Goa Dayeuh di Citaman

Editor:

KARAWANG-Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang sedang giat mengembangkan wisata alam di Karawang Selatan. Salah satunya, Destinasi Wisata Goa Dayeuh yang berlokasi di Desa Tamansari Kecamatan Pangkalan Kabupaten Karawang.

Kabid Pariwisata Disparbud Dede Pramiadi Asmara mengatakan, Goa Dayeuh adalah wisata baru yang mulai bergeliat dan masih perlu banyak sentuhan. Lokasi Goa Dayeuh juga sangat mudah dijangkau dari Kota Karawang, karena jaraknya hanya 17 km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit. “Sebelum memasuki Kawasan Goa Dayeuh, kita akan melewati jalanan yang melintasi pertambangan bukit kapur yang menawarkan sensasi pemandangan tersendiri,” katanya.

Kawasan Goa Dayeuh Citaman, kata dia, menjadi habitat puluhan kera ekor panjang yang menjadi hiburan tersendiri bagi para pengunjung dengan tingkah polahnya yang lucu. Kehadiran monyet-monyet ini menjadi salah satu keunggulan destinasi wisata Goa Dayeuh Citaman. “Pengunjung pun bisa merasakan bedanya antara melihat monyet di kandang atau di kebun binatang dengan melihat mereka langsung di alam liar,” katanya.

Lokasi wisata Goa Dayeuh langkah pertama yang harus dikembangkan  berupa infrastrukur sudah dipersiapkan. Salah satunya, pengelolan mulai dari toilet dan tempat parkir di depan. Namun menurutnya, di lokasi goa masih sangat alami dan menjadi daya tarik tersendiri.

“Ke depan harus ada tangga untuk jalan setapak buat pengunjung guna mencegah kecelakaan supaya tidak tergelincir karena licin, dengan catatan tidak merusak alam dan tidak mengganggu suasana yang sangat natural,” tuturnya.

Kawasan Goa Dayeuh Citaman saat ini menjadi pilihan wisata alternatif Karawang Selatan. Pengelolaan sarana dan prasarana bagi pengunjung sangat penting. “Seperti dengan adanya warung, tenda. Tapi ke dalamnya ini, masih sangat-sangat alami dan menjadi daya tarik yang sangat unik untuk wisatawan,” tandasnya.(ddy/vry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.