Jangan Asal!!! Ini Makanan Pantangan Penyakit Ambeien dan Cara Mengobatinya

Jangan Asal!!! Ini Makanan Pantangan Penyakit Ambeien dan Cara Mengobatinya
Jangan Asal!!! Ini Makanan Pantangan Penyakit Ambeien dan Cara Mengobatinya
0 Komentar

Pernah merasa sakit setelah BAB? atau merasa sakit ketika duduk setelah bab? mungkin saja hal itu adalah gejala ambeien.

Ambeien / wasir dikenal juga dengan nama hemoroid dalam istilah medis. Biasanya BAB keras dan terdapat benjolan yang keluar saat meneran, hal itu merupakan salah satu tanda wasir yang sering dikeluhkan.

Penyakit ambeien atau wasir merupakan pelebaran pembuluh darah vena pada bagian dubur akibat aliran darah balik vena yang tidak sempurna akibat kerusakan pada katup vena.

Baca Juga:Rotasi Mutasi Pejabat Pemkab Subang sedang BerlangsungRotasi – Mutasi Hari ini, PNS Subang Galau

Penyebab Ambeien / wasir

  • Penyebab ambeien atau wasir ini adalah biasanya diderita pada
  • Orang yang sering mengalami konstipasi (BAB keras) dan
  • kebiasaan meneran atau
  • orang dengan pekerjaan yang banyak menggunakan otot perut dan terjadi peningkatan tekanan dalam perut yang lama.

Amebeien / Wasir terbagi 2 (Interna dan Eksterna)

1. Gejala wasir interna (wasir dalam), Seperti dilansir dari laman alodokter, dapat dikategorikan menjadi 4 tingkatan dengan keluhan yang khas dan penanganan yang masih dapat dilakukan pada tiap tingkatan tahap gejala :

  1. Stage 1 = BAB berdarah/ disertai tetesan darah merah segar saat BAB. Biasanya benjolan hanya terjadi setempat dan berukuran kecil . Penanganan bisa diberikan dengan pola makan dan obat topikal, suppositoria maupun minum.
  2. Stage 2 = Terdapat benjolan yang  keluar tiap BAB namun bisa masuk sendiri setiap berhenti meneran tanpa perlu tindakan khusus. Penanganan yang diberikan adalah dengan diberikan obat minum untuk mengurangi pembengkakan  dan perubahan pola makan serta hidup sehat.
  3. Stage 3 – Benjolan akan keluar saat meneran dan Membutuhkan tindakan pemasukkan benjolan dengan bantuan dorongan dari luar karena benjolan tidak bisa masuk secara otomatis . Terdapat rasa nyeri pada saat BAB dan meneran, duduk dll. Dibutuhkan tindakan operatif.
  4. Stage 4 = Terdapat benjolan keluar , nyeri yang sangat dan berdarah serta tidak bisa didorong kembali. Membutuhkan tindakan operatif.

2. Wasir luar (wasir eksterna) biasa terdapat benjolan di sekitar cincin anus yang bengkak dan nyeri, apabila terjadi komplikasi bisa menimbulkan trombosis vena yang sangat nyeri serta membutuhkan tindakan operatif.

0 Komentar