Dua Desa Kompak Atasi Sumbatan Saluran Air

Dua Desa Kompak Atasi Sumbatan Saluran Air
YOGI MIFTAHUL FAHMI/PASUNDAN EKSPRES GOTONG ROYONG: Warga dari dua desa antusias melakukan pembongkaran dan pembangunan kembali jembatan di Desa Bojongjaya RT 05 RW 01, Senin (12/7).
0 Komentar

SUBANG-Pemerintah Desa Pusakajaya dan Pemerintah Desa Bojongjaya berkolaborasi membongkar jembatan di Desa Bojongjaya RT 05 RW 01. Sebab, jembatan tersebut terlalu rendah sehingga menyebabkan penyumbatan saluran air.

Kepala Desa Pusakajaya Heri Bahtiar mengatakan, kegiatan pembongkaran tersebut dilakukan agar kelancaran air di saluran Curugjati. Setelah dibongkar jembatan tersebut kembali dibangun dengan ketinggian yang lebih dari sebelumnya.

“Jembatan itu dibongkar karena terlalu rendah dan kadang sampai menyumbat air. Apalagi kalau ada sampah. Sampai terjadi penumpukan,” ucapnya.

Baca Juga:Dampak Pembangunan Kawasan Industri, Sekolah Dasar akan TergusurMudahkan Lansia Dapatkan Pelayanan, Pemda Purwakarta Buka Sentra Vaksinasi Covid-19

Setelah mendapat izin dari pemilik rumah serta pembicaraan dengan desa setempat, disepakati pengerjaan tersebut dilakukan secara bersama-sama melibatkan aparatur desa dan warga dari Desa Pusakajaya maupun Desa Bojongjaya

“Alhamdulillah dalam dua hari terakhir pekerjaan tersebut berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Aliran saluran tersebut dipergunakan untuk mengairi sawah di Desa Pusakajaya. Sehingga upaya untuk menjaga kelancaran air dilakukan dengan pembongkaran jembatan yang rendah tersebut dan dibangun kembali.

Sementara itu, Pjs Kepala Desa Bojongjaya Hihin Solihin menyambut baik kerjasama yang bersifat swadaya antara Desa Pusakajaya dengan Desa Bojongjaya.

“Ini satu kolaborasi yang positif tentunya untuk kepentingan bersama yakni pertanian  di Desa Bojongjaya maupun Desa Pusakajaya,” ujarnya.(ygi/ysp)

0 Komentar