Cara Cek Arah Kiblat Indonesia, Hari Ini dan Besok!!!

Cara Cek Arah Kiblat Indonesia, Hari Ini dan Besok!!!
Cara Cek Arah Kiblat Indonesia, Hari Ini dan Besok!!!
0 Komentar

Matahari akan melintas tepat di atas ka’bah pada hari ini dan besok. Diketahui, dari Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Agus Salim menerangkan bahwa berdasarkan data astronomi, pada hari Kamis (15/7) dan hari Jum’at (16/7)2021, matahari akan melintas tepat di atas Ka’bah.

“Peristiwa alam ini akan terjadi pada pukul 16.27 WIB atau 17.27 WITA. Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Ka’bah,” terang Agus Salim di Jakarta, dikutip, Kamis (15/7).

Cara Cek Arah Kiblat Indonesia, Hari Ini dan Besok!!!

Menurut beliau, peristiwa seperti itu dikenal dengan nama Istiwa A’zham atau Rashdul Qiblah. Yang berarti waktu matahari di atas Ka’bah di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari adalah diartikan menunjuk arah kiblat.

Baca Juga:Sssstt… Perempuan Suka Mr.P yang Seperti Ini Lho…Berikut Ciri-ciri Mayat Tanpa Identitas yang Ditemukan di Dawuan

Tentu saja, Momentum tersebut, lanjut Agus, bisa digunakan untuk umat Islam guna memverifikasi kembali arah kiblatnya.

Caranya yaitu, sesuaikan arah kiblat dengan arah bayang-bayang benda pada saat Rashdul Qiblah.

Kemuian dijelaskan Agus, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika proses verifikasi arah kiblat, yaitu pastikan benda yang menjadi patokan haruslah benar-benar berdiri dengan tegak lurus atau agar tegak, maka bisa pergunakan Lot/Bandul.

Bahwa titip penentu kiblat tersebut, pada Permukaan dasar harus benar-benar datar dan rata serta jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom. (Re/Jni)

0 Komentar