Pindo Deli 1 Akui Limbahnya Limpas hingga Ubah Warna Air dan Cemari Sungai Citarum

Pindo Deli 1 Akui Limbahnya Limpas hingga Ubah Warna Air dan Cemari Sungai Citarum
0 Komentar

KARAWANG-Sempat viral di media sosial Rabu 14 Juli 2021, saluran air berasal dari pabrik kertas Pindo Deli 1, yang berlokasi Wirasaba yang mengalir ke sungai Citarum tiba-tiba berubah menjadi hijau kebiruaan.

Kepala Dinas Lingkungan Wawan Setiawan saat dikonfirmasi, membenarkan air yang berubah warna berasal dari Pindo Deli 1. “Tim Bersama satgas Citarum Harum sudah turun ke lapangan mengecek dan mengambil sampel, untuk dipastikan mengandung limbah B3 untuk di periksa di laboratorium,” katanya.
Sebelumnya, Hitamnya dasar aliran sungai Citarum dikarenakan limbah yang mengerak selama bertahun-tahun berwarna berubah hijau kebiruan yang diduga berasal dari limbah perusahaan. Dugaan ditujukan kepada salah satu perusahaan yakni Pindo Deli 1 saat diketahui adanya aliran limbah Pindo Deli 1 yang berasal dari limpasan over flow saluran drainage.
Humas Pindo Deli 1, Andar membenarkan adanya aliran-aliran limbah dari Pindo Deli 1 pada hari ini Rabu 14 Juli 2021. “Kami sampaikan bahwasanya aliran tersebut adalah limpasan over flow dari saluran drainage,” katanya.
Limpasan over flow dari saluran drainage tersebut, dikatakan Andar, diakibatkan adanya shut down PM yang menyebabkan kenaikan debit air. “Di dalam lingkungan IPAL Pindo Deli 1, dimana ada kenaikan debit air dikarenakan shut down PM. Kami juga sedang lakukan perbaikan primary clarifier,” ungkapnya.
Akibatnya, lanjut Andar, pengolahan air limbah secara kimia fisika dan biologi yang dilakukan oleh perusahaan Pindodeli 1 yang masuk ke Sungai Citarum. “Ada limpasan air yang sudah diolah secara kimia dan fisika yang melimpas ke saluran drainage,” imbuhnya.
Hal tersebut, yang keluar ke sungai Citarum. Perusahaan Pindodeli 1, sudah melakukan pembendungan saluran drainage tersebut. “Sudah kami lakukan pembendungan saluran drainage serta mengalirkan limpasan ke bak serasi untuk diolah kembali,” tandasnya.(ddy/vry)

0 Komentar