oleh

Makanan Jatuh Belum 5 Menit, Bahayakah?

Makanan Jatuh Belum 5 Menit, Bahayakah?. Biasanya ketika kita mengemil atau makan, dan tiba-tiba terjatuh makanan yang kita makan, kadang “belum 5 menit”merupakan ucapan yang sering diucapkan ketika makanan kita jatuh ke lantai. 

Katanya belum ada kuman jika belum 5 menit? padahal, diketahui menurut studi, kuman tersebut tetap ada. Seberapa jumlah kuman menempel di makanan yang jatuh belum 5 menit? Apakah berbahaya jika diambil sebelum 5 menit?

Makanan Jatuh Belum 5 Menit, Bahayakah?

Makanan Jatuh Belum 5 Menit
Makanan Jatuh Belum 5 Menit

Menurut sebuah studi dari Clemson University di Amerika Serikat, yang telah meneliti beberapa jenis percobaan, ditemukan hasil sebagai berikut:

Roti yang terjatuh

Makanan roti dan bologna yang terjatuh pada permukaan ubin atau kayu, ternyata ditemukan setidaknya 60 persen risiko terkontaminasi bakteri. 

Namun, berbeda dengan roti dan bologna yang terjatuh di permukaan karpet, diketahui resiko terkontaminasi bakteri ternyata hanya 1 persen.

“Beberapa bakteri dapat membuat anda sakit, meski hanya sebagian kecil makanan yang jatuh terkena kontaminasi,” jelas Paul Dawson Ph.D menambahkan perihal risiko itu terjadi yaitu kecil. (Re/Jni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *