Asal Mula Covid 19 Akan Diselidiki Who, Ditolak Tiongkok

Asal Mula Covid 19 Akan Diselidiki Who, Ditolak Tiongkok
Asal Mula Covid 19 Akan Diselidiki Who, Ditolak Tiongkok
0 Komentar

Asal Mula Covid 19 Akan Diselidiki Who, Ditolak Tiongkok. Bahwa penyelidikan tersebut mencakup hipotesis bahwa virus tersebut ada kemungkinan lolos dari laboratorium di Tiongkok.

Pihak WHO pada bulan Juli telah menyerukan pentingnya perihal transparansi dari pihak berwenang Tiongkok dengan cara mengusulkan studi fase kedua, tentang darimana asal usul virus Korona di Tiongkok, termasuk juga audit laboratorium dan pasar di kota Wuhan.

“Kami tidak akan menerima rencana penelusuran asal (virus) seperti itu, dalam beberapa aspek, yang mengabaikan akal sehat dan menentang ilmu pengetahuan,” kata Wakil Menteri Komisi Kesehatan Nasional (NHC) Tiongkok, Zeng Yixin, kepada wartawan.

Baca Juga:POLSUB Gelar Ujian Mandiri Secara Online, Hasil Diumumkan BesokEks Pasar Panjang Bakal jadi Mal Pelayanan Publik, Ini Fasilitasnya

Asal Mula Covid 19 Akan Diselidiki Who, Ditolak Tiongkok

Seperti dilansir dari Jawapos, Zeng mengungkapkan bahwa ia terkejut waktu pertama kali membaca rencana WHO tersebut, sebab mencantumkan hipotesis bahwa pelanggaran protokol laboratorium di Tiongkok sudah menyebabkan kebocoran virus selama melakukan penelitian.

“Kami berharap WHO secara serius meninjau pertimbangan dan saran yang dibuat oleh para ahli Tiongkok dan benar-benar memperlakukan penelusuran asal virus penyebab Covid-19 sebagai masalah ilmiah, dan menyingkirkan campur tangan politik,” ujar Zeng. Tiongkok menentang politisasi penelitian tersebut.

Perihal Asal usul virus Corona jenis baru tersebut masih diperdebatkan di kalangan para ahli. Bahwa Kasus pertama diketahui muncul dari kota Wuhan, Tiongkok, pada Desember 2019 yang lalu. Virus tersebut diyakini telah menular ke manusia dari hewan yang dijual untuk makanan di pasar basah pada tahun 2019 tersebut.

Kemudian Pada bulan Mei, Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah memerintahkan kepada para bawahannya untuk menemukan jawaban atas pertanyaan perihal sumber yang menerangkan bahwa badan-badan intelijen AS sedang mencari tahu teori-teori yang berpotensi, termasuk juga adanya kemungkinan sebuah kecelakaan (kebocoran) laboratorium yang di Tiongkok.

Zeng, bersama-sama dengan para pejabat lainnya serta pakar di Tiongkok pada saat konferensi pers, mendesak WHO agar memperluas usaha penelusuran asal muasal virus Corona baru ke negara lain di luar Tiongkok.

Kami percaya kebocoran laboratorium sangat tidak mungkin dan tidak perlu menginvestasikan lebih banyak energi dan upaya dalam hal ini,” ucap Liang Wannian, pemimpin tim Tiongkok untuk tim ahli gabungan WHO.

0 Komentar