Antisipasi Bencana Banjir Sejak Dini, Ini yang Dilakukan BPBD Subang

Antisipasi Bencana Banjir Sejak Dini, Ini yang Dilakukan BPBD Subang
INDRAWAN SETIADI/PASUNDAN EKSPRES Kepala BPBD Subang, H Hidayat
0 Komentar

SUBANG-Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Subang, H Hidayat memastikan kesiapan pemerintah daerah untuk menanggulangi bencana banjir pada musim penghujan mendatang.

H Hidayat menyebut, hasil dari rakor dengan Wakil Gubernur dan para kepala daerah se Jawa Barat, telah ada instruksi untuk melakukan antisipasi guna menanggulangi banjir pada musim hujan mendatang.

“Kemarin baru rapat koordinasi dengan Pemprov, bersama Pak Bupati juga. Alhamdulilah pemerintah provinsi Jawa Barat, sudah menyiapkan beberapa langkah termasuk berkoordinasi dengan BBWS,” ungkapnya, Selasa (27/7).

Baca Juga:Akibat Pelonggaran Kebijakan PPKM, Albert: Jangan Sampai Terjadi KenaikanCamat Tanjungsiang Aktif Bina BUMDes

Antisipasi yang dilakukan untuk pengendalian banjir Citarum Hilir yaitu pembangunan Bendungan Sadawarna yang mencakup wilayah Subang-Sumedang. Pembangunan tersebut direncanakan selesai hingga tahun 2022.

Kemudian membangun Sheet Phile Sungai Cipunagara yang ditargetkan selesai tahun 2022, serta normalisasi Sungai Ciasem dan Cipunagara tahun 2021-2022.

“Sebagaimana sudah menjadi kewajiban selain pandemi Covid-19 juga ada kewajiban yang lain, terlebih dalam menghadapi musim penghujan mendatang,” tambahnya.

Dia berharap, pada musim hujan mendatang segala kemungkinan bencana terutama banjir sudah bisa tertanggulangi. Sehingga musim hujan menjadi rahmat, bukan bencana.

Dalam rakor tersebut Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanululum mengingatkan, sebagai pemerintah harus bisa mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi, bekerja sama dan bersinergi dengan BBWS, BSDA dan BPBD agar dapat meminimalisir dampak bencana. “Semoga musim hujan yang akan datang bisa membawa rahmat bukan sebuah bencana” ujar Wagub Uu. (idr/ysp)

 

0 Komentar