oleh

Yudian: Paskibraka Duta Pancasila

JAKARTA– Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menyebutkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) bisa menjadi benteng dan sekaligus pelopor penangkalan ideologi-ideologi asing yang tidak sesuai dengan Ideologi Bangsa Indonesia, Pancasila. Hal tersebut disampaikan pada saat sambutan pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka Nasiobal Tahun 2021 di Bumi Perkemahan Cibubur, Selasa (27/7) secara virtual.

“Adik-adik Paskibraka ini bisa menjadi benteng bagi generasi muda dan sekaligus bisa menjadi pelopor bagi penangkalan ideologi asing yang tidak sesuai dengan Pancasila. Paskibraka menjadi Duta Pancasila” terang Yudian.
Dalam kesempatan tersebut, Yudian mengapresiasi kolaborasi antara BPIP dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka.

Yudian berharap, penanaman ideologi Pancasila harus mulai ditanamkan sejak dini. Dan siswa yang tergabung dalam Paskibraka menjadi komponen yang sangat strategis dalam mewujudkan penanaman ideologi Pancasila,”tegasnya sambil menambahkan bahwa kolaborasi pembinaan ideologi Pancasila melalui Paskibra ini dipayungi oleh Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan BPIP Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pembinaan Ideologi Pancasila pada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Yudian juga mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora terkait kolaborasi yang konstruktif ini.

Senada dengan Kepala BPIP, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zaenudi Amali dalam sambutannya menguatkan berkolaborasi untuk penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila. Dirinya juga menekankan kepada pelatih dan pembina untuk benar-benar menanamkan Ideologi Pancasila kepada peserta dan jangan sampai ada yang masih bertentangan dengan Ideologi Pancasila.

“Karena selain amanat Perpres PIP juga merupakan salah satu program prioritas Kemenpora. Saya meminta kepada para pelatih dan pembina untuk menanamkan betul Ideologi Pancasila, setelah mereka selesai melaksanakan tugasnya, mereka masih ada tanggung jawab lagi, yakni menjadi Duta Pancasila,” imbaunya.

Menpora juga mewanti-wanti agar para peserta pemusatan latihan Paskibraka tetap menjaga protocol kesehatan dengan ketat.

“Saya berterimakasih kepada BPIP atas kolaborasi penguatan ideologi Pancasila bagi Paskibraka ini. Dan saya berpesan agar para peserta Paskibraka untuk bisa menjaga protocol kesehatan dengan ketat. Kita buktikan dengan situasi tidak memungkinkan ini tetapi kita harus bisa melakukannya dengan cara-cara berbeda,” ujarnya.

Ia juga menekankan kepada peserta untuk mematuhi semua intruksi panitia, pembina maupun pelatih, sehingga diharapkan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka tahun 2021 di tengah pandemi Covid-19 ini dapat berjalan dengan baik.

“Anda sudah terplih dari provinsi masing-masing. Saya pesan untuk melakukan semua apa yang diinstruksikan panitia, pelatih dan pembina melakukan sepenuh hati.(rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *