Incar Juara 1 LKS SMK Bidang Pharmaceutical Technology

Incar Juara 1 LKS SMK Bidang Pharmaceutical Technology
0 Komentar

PURWAKARTA-SMK Farmasi Purwakarta menargetkan menjadi Juara 1 Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tingkat Jawa Barat Tahun 2021. Mengandalkan siswinya yang bernama Zahra Nurhafidah Kelas XII FK, SMK Farmasi optimis bisa mencapai raihan tertinggi di tingkat provinsi itu.
Kepala SMK Farmasi Purwakarta Andri Purwanugraha menyebutkan, pihaknya menyambut baik penyelenggaraan LKS SMK 2021 yang dimulai pada 2 Agustus 2021 hingga 4 Agustus 2021 ini. “Untuk LKS bidang pharmaceutical technology hanya sekolah kami yang mewakili Purwakarta di tingkat Jabar. Adapun siswi kami, Zahra Nurhafidah akan bersaing dengan 18 wakil sekolah lainnya se-Jawa Barat,” kata Andri kepada Pasundan Ekspres, Senin (2/8).
Andri mengaku optimis jika siswinya bisa menjuarai LKS SMK 2021 tersebut. Pasalnya, Zahra memiliki potensi untuk juara. “Zahra ini anak yang cerdas dan cepat paham. Mentalnya juga bagus. Dia juga merupakan juara umum di angkatannya,” ujar Andri.
Selain itu, lanjutnya, Zahra juga memiliki guru pembimbing yang sudah cukup lama melatihnya. “Insyaallah, target juara bukan tidak mungkin. Terlebih, pada 2019 lalu, SMK Farmasi Purwakarta juga berhasil meraih Juara Harapan 3,” ucapnya.
Sementara itu, Guru Pembimbing Zahra yang juga Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Apt. Hilda Yuliani Saputri S.Farm sama optimisnya dengan Andri. “Kami sudah melakukan berbagai persiapan sejak jauh hari. Insyaallah proses tak akan mengkhianati hasil,” kata Hilda.
Dijelaskannya, proses lomba dilakukan selama tiga hari berturut-turut, mulai pagi hingga sore hari. Hari pertama tes pembuatan jurnal atau resep yang sudah ditentukan panitia. Jurnal yang sudah dibuat, kemudian, oleh siswa dikirim ke juri melalui email. “Untuk hari kedua adalah tes praktik, yakni meracik sediaan obat dan persiapan presentasi. Adapun di hari ketiga adalah membuat slide dan mempresentasikan hasilnya dalam bentuk kapsul maupun larutan,” ujarnya.
Sekadar informasi, SMK Farmasi Purwakarta dikenal dengan motto “Kompeten dan Siap Bersaing.” Sekolah terakreditasi A ini memiliki tiga jurusan. Ketiganya adalah Farmasi Klinis dan Komunitas, Farmasi Industri dan Kimia Industri,” ucapnya.
SMK Farmasi Purwakarta yang berlokasi di Jl. Veteran No. 100, Kelurahan Nagri Kaler, Purwakarta ini memiliki fasilitas pendukung yang lengkap. Bahkan laboratorium yang dimilikinya adalah yang terlengkap di Kabupaten Purwakarta.(add/sep)

0 Komentar