Pemdes Munjul Segera Bangun Tempat Sampah

0 Komentar

SUBANG-Sebagai upaya menata kebersihan lingkungan terutama soal sampah rumah tangga. Pemdes Munjul Kecamatan Pagaden Barat berencana membangun tempat sampah yang berlokasi di Blok Kebun Bambu Cipalawad.
Untuk itu, pemdes menurunkan mobil dump truck dan tim satgas sampah untuk membersihkan dan mengangkut sampah yang berserakan.
“Ya sampah yang berserakan kita buang dulu biar bersih. Rencananya akan kita bangun TPS di sini. Biar jelas bahwa lokasi ini nantinya menjadi tempat buang sampah,” kata Sekdes Munjul Useng.
Pantauan Pasundan Ekspres, persoalan sampah bukan hanya di wilayah kota saja. Masyarakat desa kini juga merasa kesulitan membuang sampah rumah tangga, karena memang tidak ada lokasi buang sampah yang jelas.
Warga desa kerap membuang sampah bukan pada tempatnya. Seperti di pinggiran jalan, di kebun bambu bahkan buang sampah ke kali atau sungai. Membuang sampah sembarangan bisa menyumbat aliran air dan menjadi penyebab banjir saat musim hujan tiba.
Kepala Desa Munjul Unay berencana membangun tempat pembuangan sampah sementara. Hal itu guna agar sampah tidak berserakan di mana-mana.
Setelah ada tempat khusus membuang sampah, maka limbah yang bisa didaur ulang akan menjadi potensi ekonomi masyarakat maupun Karang Taruna.
“Sampah bisa jadi masalah kalau tidak dikelola. Tapi kalau dikelola baik akan jadi penghasilan tak terduga,” tukasnya.(dan/ysp)
DADAN RAMDAN/PASUNDAN EKSPRES
MENATA SAMPAH: Petugas membersihkan sampah yang berserakan. Pemdes Munjul akan segera membangun TPS di Kebun Bambu Blok Cipalawad.

0 Komentar