oleh

Minta Dispemdes Matangkan Pelaksanaan Tahapan Pilkades

SUBANG-Tahapan Pilkades serentak di Kabupaten Subang akan segera dimulai. Anggota DPRD Fraksi PAN Albert Anggara Putra meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispemdes) Kabupaten Subang, untuk mematangkan persiapan serta monitoring terkait tahapan Pilkades tersebut termasuk soal anggaran.

Albert menyebut, Pilkades serentak adalah salah satu hajat penting untuk memilih pemimpin di Desa. Namun, hal yang perlu diperhatikan saat ini adalah pelaksanaan di tengah pandemi Covid-19.

“Saya mengharapkan agar Dispemdes terus memonitor dan memantau situasi di lapangan agar tetap kondusif dan pelaksanaan juga lancar,” imbuhnya

Sementara itu, terkait informasi anggaran, hingga saat ini anggaran sebesar Rp5 miliar masih ada. Namun memang, dirinya membenarkan adanya rencana refocusing anggaran kembali. Meski demikian, ia mengaku akan mengawal agar anggaran tersebut tidak terkena refocusing.

“Anggaran untuk Pilkades InsyaAllah akan tetap kami kawal. Mudah-mudahan aman sampai nanti akan pelaksanaan,” jelasnya.

Hanya saja, yang terpenting saat ini menurutnya adalah persiapan menuju tahapan pelaksanaan Pilkades perlu dimaksimalkan.

Sebelumnya, Kepala Seksi Tata Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Subang, Mita mengatakan, terkait dengan syarat calon Kepala Desa, dasar hukum yang dipakai yakni Peraturan Bupati Nomor 75 tahun 2018 tentang Tata Cara Pemilihan Kepala Desa, sebagaimana perubahan ketiga dengan Perbup Nomor 15 Tahun 2021 mengai Tata Cara Pemilihan Kepala Desa di masa pandemi.

“Sesuai tahapan pada bulan September nanti kita akan segera memulai tahapan awal untuk pembentukan panitia,” kata Mita dalam keterangan pada Pasundan Ekspres, Rabu (4/8).

Mita menambahkan, selama ini seluruh tahapan terkait dengan Pilkades serentak telah disosialisasikan kepada Desa dan Kecamatan  termasuk dengan roadshow ke desa-desa serta saat pelantikan PJS Kepala Desa.

“Jadi baik sejarah kegiatan dinas ataupun non dinas sosialisasi tersebut terus kami lakukan terkait dengan pelaksanaan Pilkades serentak,” tambahnya.(ygi/vry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *