14 Agustus Diperingati Sebagai Hari Pramuka, Begini Sejarahnya

14 Agustus Diperingati Sebagai Hari Pramuka, Begini Sejarahnya
0 Komentar

SETIAP tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka dan tahun ini genap 60 tahun. Tapi tahukah kalian bagaimana sejarah Hari Pramuka itu?

Lalu seperti apa tema dan logo Hari Pramuka 2021? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

Perlu diketahui, Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana, yaitu organisasi kepanduan yang masuk ke Indonesia setelah Belanda memiliki cabang bernama Nederlandesche Padvinders Organisatie (NPO) pada 1912.

Tahun ini, Hari Pramuka jatuh pada hari Sabtu (14/8).

Baca Juga:Jadi Tersangka Lagi, Jerinx SID Penuhi Panggilan Polda Metro JayaPaskibraka Kabupaten Subang Tahun 2021 Resmi Dikukuhkan

Sejarah Hari Pramuka

Melansir website Museum Sumpah Pemuda, NPO sempat berubah nama menjadi Nederlands Indische Padvinders Vereniging (NIVP) pada tahun 1916.

Di tahun yang sama, Mangkunegara VII membentuk Organisasi Kepanduan pertama Indonesia dengan nama Javaansche Padvinder Organisatie (JPO).

Ternyata, lahirnya JPO tersebut memicu gerakan nasional lainnya untuk membuat organisasi sejenis pada saat itu. Melihat semakin banyaknya organisasi pramuka milik Indonesia, akhirnya Belanda melarang organisasi kepramukaan di luar milik Belanda menggunakan istilah Padvinder.

Oleh karena itu, K.H Agus Salim memperkenalkan istilah “Pandu” atau “Kepanduan” untuk organisasi Kepramukaan milik Indonesia. Setelah kemerdekaan, lahirlah kepanduan yang bersifat nasional yaitu Pandu Rakyat Indonesia pada 28 Desember 1945.

Hari Lahir Pramuka kemudian diperingati pada tanggal 14 Agustus 1961, pada saat MAPINAS (Majelis Pimpinan Nasional) yang diketuai oleh Presiden Soekarno, wakil ketua I Sultan HB IX dan wakil ketua II Brigjen TNI Dr. A. Azis Saleh. Soekarno menyerahkan panji-panji Pramuka kepada tokoh-tokoh untuk memperkenalkan Pramuka kepada seluruh masyarakat.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 027 Tahun 2021 tentang Logo 60 (Enam Puluh) Tahun Gerakan Pramuka pada bulan Februari lalu.

Dalam SK tersebut, diputuskan terkait logo dan tema Hari Pramuka yang diperingati 14 Agustus 2021. (bbs/idr)

0 Komentar