oleh

Pidato Kenegaraan, Jokowi Sebut Pandemi Seperti Kawah Candradimuka

JAKARTA – Dalam sambutannya di Sidang Tahunan MPR RI, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut pandemi Covid-19 sama seperti kawah candradimuka. Melalui pandemi ini, seluruh bangsa Indonesia dipaksa untuk menghadapi dan mengelolanya dengan baik.

“Pandemi Covid-19 itu sama dengan kawah candradimuka, yang menguji, mengajarkan, serta mengasah,” ungkap Jokowi di Sidang Tahunan MPR, Senin (16/8).

“Pandemi jelas memberikan beban yang berat terhadap kita, beban yang penuh dengan resiko serta memaksa kita untuk menghadapinya,” lanjutnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu lantas menjelaskan bahwa seluruh pilar kehidupan tengah diuji dan diasah akibat pandemi Covid-19 ini, mulai dari ketabahan, kebersamaan, ketahanan, kepandaian, hingga kecepatan.

Ujian dan asahan tersebut menurut Jokowi layaknya seperti dua sisi mata uang yang tak dapat dipisahkan. Lantaran, ujian tersebut bukan hanya menjadi beban tapi juga menjadi kesempatan bangsa Indonesia dalam memperbaiki diri.

“Tatkala ujian tersebut semakin terasa berat, asahannya juga semakin meningkat. Itulah yang menjadi proses dari bangsa Indonesia agar tahan banting, yang kokoh, serta mampu memenangkan gelanggang pertandingan,” tandasnya. (bbs/idr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *