oleh

Cara Mengatasi Susah Tidur Secara Alami

Cara Mengatasi Susah Tidur Secara Alami. Adanya Gangguan tidur (Somnipati) menurut medis dapat diatasi dengan berbagai cara yang bisa diterapkan

Misalnya dengan konsultasi ke dokter serta juga mengubah pola aktivitas sehari – hari, agar tidur menjadi berkualitas

“Jika sulit tidur telah mengganggu kenyamanan beraktivitas, maka lakukan konsultasi pada dokter, psikolog atau psikiater. Ini pun dilihat dari kasus dan keluhan pasien,” terang Dokter Ruth Katrin Goldina dalam edukasi gangguan tidur secara daring, Selasa (21/9)

Dokter yang sehari-hari praktik tetap di Siloam Hospitals Jantung Diagram, Cinere Depok tersebut memberi saran kepada pasien penderita gangguan tidur agar menyiapkan catatan, hal itu dimaksudkan untuk mendeskripsikan penyebab susah tidur terjadi.

Cara Mengatasi Susah Tidur Secara Alami

Contohnya, catatan harian berisikan lamanya waktu saat tertidur, waktu saat kondisi terbangun, keluhan yang dirasakan serta sejauh mana rasa ketidaknyama

“Dengan rincian catatan ini, dokter atau psikiater dapat menentukan langkah tepat guna mengatasi dan menyembuhkan gangguan sulit tidur,” pungkasnya.

Seperti dilansir dari Jpnn, biasanya kata dokter tersebut, setelah konsultasi, dokter akan melaksanakan tindakan. Misalnya memberi obat dengan dosis terukur, menyarankan pasien untuk memperbaiki pola aktivitas dan faktor lingkungan kamar tidur serta hal terkait

“Jika ada penyakit penyerta yang dapat mempengaruhi kualitas tidur harus ditangani. Misalnya penyakit pada organ saraf, pencernaan, gangguan sendi. Itu termasuk faktor pada gangguan tidur,” jelas Dokter Ruth lagi.

Lebih lanjur lagi, ia menjelaskan, mengacu pada The Institute for Fungtional Medicine, faktor non-medis dapat dilakukan guna mengatasi gangguan tidur, misalnya mengatur temperatur berkisar 24-26″ Celcius.

Lalu bisa degan mengurangi pencahayaan bahkan gelap biasanya lebih nyaman.

“Lingkungan yang tenang dan tidak bising, warna ruangan yang lembut, kenyamanan dari kualitas kasur terbaik, dan ruangan tidur yang bersih dan sehat,” tegasnya.

Dokter Ruth pun memberi saran pada malam hari makan  2-3 jam sebelum tidur dan makan secukupnya tidak sampai kelewat kenyang.

Kemudian, tidur siang usahakan secara baik agar tidak mengganggu kualitas tidur pada malam hari, yaitu 30 sampai 45 menit . “Usahakan waktu bangun tidak lebih dari pukul 14.00,” jelasnya. (/Juni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *