oleh

Cara Mengatasi Anak Hiperaktif, Jangan Emosi Dulu Bunda!

Cara Mengatasi Anak Hiperaktif, Jangan Emosi Dulu Bunda! Anak hiperaktif mempunyai kondisi berbicara yang berlebihan, mudah gelisah, serta sulit berkonsentrasi dalam kegiatan yang menuntutnya untuk tenang.

Misalkan, si kecil yang hiperaktif biasanya sulit untuk berdiam diri ketika situasi menggambar atau mewarnai. Oleh sebab itu, perlu peran kita sebagai orang tua untuk membimbing mereka dengan sabar agar dapat mengatasi anak hiperaktif dengan baik

Cara Mengatasi Anak Hiperaktif, Jangan Emosi Dulu Bunda!

Buat rutinitas

Jadwal rutinitas itu dapat dimulai dari waktu bangun tidur, sarapan, bermain, tidur siang, hingga waktu istirahat di malam hari.

Rutinitas yang teratur dan terjadwal dengan disiplin akan membantu anak lebih tenang ketika melakukan sesuatu.

Memberi hadiah dengan perlahan-lahan

Agar mudah ketika membuat jadwal, orang tua dapat menuliskan aturan dan konsekuensi secara verbal dan tertulis.

Misalnya, ayah dan ibu menempel daftar kewajiban / tanggung jawab anak-anak dan aturan di dalam rumah. Kemudian Orangtua boleh memberikan rewards alias hadiah kepada anak.

Tegas, Bukan Marah-marah

Dalam hal ini, Ayah dan ibu juga harus memberikan penejlasan tentang konsekuensi kepada anak dengan mudah dan gampang difahami.

Kemudian, barulah menerapkan konsekuensi secara perlahan-lahan tetapi tetap tegas. Tentu saja tidak jarang orang tua merasa kesal dan lelah menghadapi anaknya.

Akan tetapi, bagaimanapun sikap dan sifat anak,  Orangtua perlu mengendalikan emosi kepada anak

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *