oleh

Turun Lagi! Harga Tes PCR 275.000 Rupiah, Termurah?

Harga tarif tes Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19 sekarang ini ditetapkan Kemenkes menjadi Rp.275.000 untuk wilayah Jawa-Bali dan Rp. 300.000 untuk di wilayah lainnya.

Tes PCR itu berlaku 3×24 jam. Lalu untuk faskes yang menerapkan tarif lebih mahal dari yang ditentukan tersebut, ancamannya adalah penutupan faskes.

Ditetapkannya harga tarif PCR yang lebih murah tersebut dilakukan pemerintah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), serta sudah mempertimbangkan komponen-komponen biaya pembentuk tarif, sampai audit BPKP tentang ketersediaan Laboratorium di seluruh wilayah Indonesia.

Melansir dari Fin, Tarif tes PCR yang pada awalnya paling mahal Rp.475.000 tersebut ditentang oleh sejumlah pihak, mulai dari aktivis kesehatan, pegiat sosial media, DPR hingga mantan pejabat negara.

Pasalnya, tarif yang tersebut dianggap terlalu mahal dan membebani masyarakat, bahkan dianggap kontra produktif dengan niat pemerintah untuk memacu perekonomian nasional.

Turun Lagi! Harga Tes PCR 275.000 Rupiah, Termurah?

Kemudian, benarkah tarif tes PCR di Indonesia mahal? Ini daftar harga tarif Tes PCR di luar negeri

1. Thailand

Tarif tes PCR di Negeri Gajah Putih itu terbilang masih sangat mahal, yaitu 3.000 bath atau setara Rp1,2 juta. Tarif itu masih bisa lebih mahal lagi jika tes dilakukan di rumah sakit swasta. COntohnya di wilayah Bangkok, tarif tes PCR bisa mencapai 4.000 bath atau setara Rp1,7 juta.

2. Singapura

Tarif PCR di negeri Singa itu ditetapkan sebesar 160 dolar Singapura atau setara Rp1,6 juta. Tarif tersebut bisa lebih murah lagi, yakni 125 dolar Singapura atau setara Rp1,3 juta bagi warga Singapura yang menerapkan Stay Home Notice (SHN).

3. Malaysia

Tarif tes PCR di Malaysia relatif sama dengan Indonesia sebelum diturunkan, yakni 150 ringgit atau setara  Rp512 ribu. Sedangkan untuk wilayah Sabah/Sarawak, ditetapkan sebesar 200 ringgit atau sekira Rp683 ribu.

4. Filipina

Tarif tes PCR di Filipina adalah PDP 1.500 atau sekitar Rp 427 ribu. Pemerintah Filipina memberikan subsidi PCR yang bisa dilakukan untuk anak jika memenuhi syarat.

5. Vietnam

Tarif tes PCR di Vietnam Di Vietnam dipatok 734.000 Dong atau sekitar Rp 460 ribu.

6. Australia

Tes PCR di Negeri Kanguru itu tidak membayar alias gratis. Jika pun harus membayar, hal itu hanya untuk membayar layanan dokter saja, itupun jika dokter menawarkan tarif.

7. India

Di India, harga tes PCR pernah di angka 500 rupee atau dirupiahkan setara 96 ribu rupiah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *