Bolehkah Darah Tinggi Minum Kopi Hitam? Cek Dulu Dengan Cara Ini

Bolehkah Darah Tinggi Minum Kopi Hitam? Cek Dulu Dengan Cara Ini
Bolehkah Darah Tinggi Minum Kopi Hitam? Cek Dulu Dengan Cara Ini
0 Komentar

Pasundan Ekspres – Kopi merupakan minuman yang mendunia hingga saat ini, ada yang meyakini bahwa mengkonsumsi kopi menyehatkan untuk tubuh.

Hal itu memang telah dibuktikan secara medis, dan memang benar adanya. 

Akan tetapi perlu diketahui, mengkonsumsi kopi tidaklah selalu menguntungkan. Dari Data Mayo Clinic menyebutkan apabila mengkonsumsi kafein yang dimiliki kopi, tidak hanya menyebabkan peningkatan dramatis pada tekanan darah, pada mereka dengan hipertensi, tapi juga pada mereka yang tidak.

Baca Juga:Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita dan Cara MengatasinyaPemulihan Sektor Transportasi dan Pergudangan untuk Mengakselerasi Pemulihan Berbagai Aktivitas Ekonomi pada Sektor Lainnya

Kafein tidak hanya bertanggungjawab pembatasan hormon yang berfungsi dalam menjaga pembuluh darah arteri, agar tetap melebar dan melancarkan aliran darah, kafein juga diyakini memicu kelenjar adrenal, untuk melepas lebih banyak adrenalin, yang otomatis menyebabkan lonjakan pada tensi darah. 

Ada cara untuk memastikan bahwa kopi aman untuk Anda konsumsi, terlebih jika peminum kopi adalah penderita darah tinggi, caranya yaitu dengan mengecek bagaimana reaksi tubuh terhadap konsumsi minuman yang satu ini. 

Dengan merekam aktifitas tekanan darah, dengan alat cek tensi, setiap kali mengkonsumsi kopi, 30 hingga 120 menit usai mengkonsumsi, akan memberikan kita jawaban yang pasti. 

Sewaktu ada peningkatan 10 poin pada tekanan darah, (catat tensi awal sebelum konsumsi kopi) usai rentang waktu di atas, maka  hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan membatasi konsumsi harian hingga 200 miligram per harinya.

Namun, pada mereka dengan hipertensi akut, sangatlah tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kopi, tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter terkait. (Fin/Jni)

0 Komentar