Berapa UMP Jakarta 2022? Berikut Penetapan Gubernur Anies Baswedan

Berapa UMP Jakarta 2022? (Foto: Ilustrasi uang gaji UMP)
Berapa UMP Jakarta 2022? (Foto: Ilustrasi uang gaji UMP)
0 Komentar

SUBANG – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menetapkan upah minimum provinsi (UMP) 2022 yaitu sebesar Rp. 4.453.935,536 sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang menjadi acuan bagi seluruh wilayah Indonesia.

“Jadi, sudah ditetapkan besaran upah minimum provinsi DKI Jakarta pada Tahun 2022 sebesar Rp4.453.935,536,” papar Anies dilansir dari siaran pers Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Provinsi DKI Jakarta, Ahad (21/11/2021).

Anies menjelaskan, penetapan UMP DKI Jakarta pada 2022 sebagai salah satu upaya peningkatan kesejahteraan para pekerja/buruh di Ibu Kota.

Baca Juga:Bersiap! PNS Terlibat Mafia Tanah Akan DipecatKabar Baik! Program Kartu Prakerja Berlanjut di 2022

Anies menetapkan UMP DKI Jakarta 2022 berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja serta formula pada Pasal 26 dan Pasal 27 Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan yang berlaku bagi pekerja/buruh dengan masa kerja kurang dari satu tahun.

Dengan berdasar dari penetapan UMP tersebut, maka Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mewajibkan kepada para pengusaha untuk menyusun struktur dan skala upah pada perusahaannya dengan memperhatikan kemampuan perusahaan serta produktivitas sebagai pedoman upah untuk pekerja/buruh dengan masa kerja setahun atau lebih.

Di samping itu, Pemprov DKI Jakarta juga akan mengawasi dan memberikan sanksi administratif bagi pengusaha yang tidak melakukan kewajiban tersebut.

Selain menetapkan upah minimum provinsi, Pemprov DKI Jakarta juga akan menerapkan berbagai kebijakan lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan para pekerja/buruh.

Di antaranya, dengan memberikan bantuan layanan transportasi, penyediaan pangan dengan harga murah, dan biaya personal pendidikan.

Pemprov DKI juga melakukan sejumlah program kolaborasi ketenagakerjaan, baik yang sedang berjalan atau pun dalam proses akhir perencanaan. (Fin/Jni)

0 Komentar