oleh

Diduga Kuat, Ini Penyebab Bentrok LSM Di Karawang yang Menewaskan Satu Orang

KARAWANG-Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, memaparkan dugaan kerusuhan ormas / LSM di daerahnya tersebut diakibatkan rebutan limbah ekonomis perusahaan.

“Di Karawang, yang namanya bentrokan kelompok masyarakat biasanya terkait dengan rebutan limbah ekonomis. Itu sudah jadi rencana aksi Pemkab Karawang dalam penanganan konflik,” ucap Kepala Kesbangpol setempat Sujana Ruswana, di Karawang, dilansir dari Antara, Kamis (25/11).

Walaupun begitu, pihaknya belum bisa menyebutkan penyebab pasti kerusuhan ormas di Karawang tersebut. Perihal rebutan limbah ekonomis, menurutnya, hal tersebut masih dugaan sementara

“Potensi konflik di Karawang itu dari dulu rebutan limbah, konflik lahan, teroris, tempat ibadah. Tapi yang sering terjadi itu akibat rebutan limbah dan tempat ibadah,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa ada ribuan massa yang mengatasnamakan aliansi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) melakukan aksi di lapangan Karangpawitan Kecamatan Karawang Barat, Rabu (24/11).

LSM yang hadir dalam aksi ini adalah LSM GMPI, LSM Laskar NKRI, LSM Laskar Merah Putih, LSM Gibas Jaya, dan LSM Kompak.

Baca Juga: Karawang Mencekam, Anggota LSM Bentrok di Depan Hotel Resinda

Lalu, pada berita sebelumnya juga disebutkan bahwa didapati ada dua orang terluka parah dan satu mobil hancur akibat bentrokan ormas di depan Hotel Resinda, Jalan Interchange, Desa Purwadana, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Rabu (24/11) sekitar pukul 12.30 wib.

Mobil yang menjadi sasaran amukan adalah Honda Brio bernomor polisi S 1724 BB bertuliskan keluarga besar GMBI distrik Rembang sudah dalam kondisi rusak parah. (red)

Baca Juga: Mobil Brio Plat Rembang Jadi Sasaran Amukan Massa LSM
 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *