Digunakan Setiap Hari, Apakah Router Wifi Perlu Dimatikan?

Digunakan Setiap Hari, Apakah Router Wifi Perlu Dimatikan?
0 Komentar

TEKNOLOGI – WiFi router merupakan perangkat elektronik yang sangat umum di masa modern sekarang.

Rasanya jika tanpa wifi router, kita akan kesulitan untuk menjalankan keseharian di internet, terlebih apabila banyak perangkat pintar di dalam rumah.

Tetapi, yang jadi pertanyaan, perlukah kita membiarkan router WiFi terus menyala seharian? atau apakah router wifi perlu dimatikan?

Baca Juga:Kongres Persatuan Insinyur, Airlangga: Harus Hasilkan Solusi dan InovasiErick Thohir Puji Inisiatif “Moonshoot” BRIvolution 2.0 Untuk Hadapi Tantangan Kedepan

Menurut Gizbuyer Guide ialah bahwa router WiFi telah didesain untuk dibiarkan dalam keadaan menyala.

Namum, jika mematikannya setiap beberapa bulan, bisa membantu problem konektivitas dan performa speed internet di rumah.

Apabila mematikannya sesekali, tidak terlalu sering, bisa saja tidak akan berdampak buruk terhadap perangkat, tapi terlalu sering melakukannya tidak dianjurkan.

Terlalu sering mematikan dan menyalakan router WiFi menurut sejumlah kasus, dapat memperpendek usia router itu sendiri.

Tetapi, pada kasus router lama, membiarkannya dalam keadaan terus menyala tentu bukan ide yang baik, terlebih apabila kita menyadari ada peningkatan suhu yang tidak wajar pada perangkat yang kita gunakan.

Router yang overheating menurut pakar, bisa menyebabkan tidak cuma masalah koneksi, tetapi juga performa speed yang menurun.

Jika sudah seperti itu, mungkin waktu yang tepat bagi kita adalah untuk menggantinya dengan yang baru. (Fin/Jni)

0 Komentar