oleh

Langkah Strategis Tanggulangi Sampah, Pemdes Nanggerang Ajak Karang Taruna Kolaborasi Olah Sampah dengan Mesin Incenator

SUBANG – Mengatasi persoalan sampah di Desa Nanggerang, Kecamatan Binong Kades Nanggerang Muhamad Ali ingatkan masyarakat untuk mengolah sampah sejak dari rumah.

Menurutnya upaya penanggulangan sampah ini harus melibatkan semua komponen masyarakat, terkhusus peran Karang Taruna yang dalam hal ini mitra pemerintahan desa, tentunya memiliki posisi strategi dalam menyikapinya.

Muhammad Ali menyampaikan bahwa ini titik pemberangkatan karang taruna dalam berkiprah untuk memajukan desa.

“Kami berkolaborasi dengan karang taruna dalam mewujudkan misi lingkungan bersih dan nyaman, kebetulan pengurus karang taruna baru kami Lantik kemarin,” katanya.

Salah satu langkah strategis yang dilakukan, kata Ali yakni menghadirkan mesin incenator yang memiliki suhu ruang pembakar cepat panas.

“Mesin ini sengaja kami hadirkan sebagai alternatif dalam mengelola sampah, yang kemudian waktu akan dibentuk pula Bank Sampah agar memiliki nilai ekonomis,” tambahnya.

Dengan upaya strategis tersebut, harapannya bisa mewujudkan masyarakat sadar lingkungan itu terwujud.

“Semoga masyarakat kami semakin sadar bahwa sampah bisa menjadi bumerang jika tidak disiasati dari sekarang,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang lain, salah satu pengurus Karang Taruna, Heru Khoerudin menyebut jika dirinya mengapresiasi langkah solutif dari Pemdes Nanggerang.

“Saya yakin dengan adanya mesin incenator, karang taruna akan produktif,” tukas Heru. (idr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *