oleh

Usai Viral Ghozali Everyday, NFT Jadi Tren Dan Diawasi Kemkominfo

RAGAM – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate memberi perintah kepada jajarannya untuk melakukan pengawasan pada kegiatan transaksi non-fungible token (NFT) di Indonesia. Hal itu mengingat adanya fenomena pemanfaatan NFT bertambah populer dalam beberapa waktu terakhir.

“Serta melakukan koordinasi dengan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, Kementerian Perdagangan (Bappebti) selaku lembaga berwenang dalam tata kelola perdagangan aset kripto,” terang Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi, Minggu (16/1) via Jawapos.

Kemenkominfo juga mempertegas, melalui UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik serta perubahannya dan peraturan pelaksananya, seluruh PSE (penyelenggara sistem elektronik) wajib memastikan platformnya tidak digunakan untuk tindakan yang melanggar peraturan perundang-undangan.

Baca Juga: Viral Ghozali Everyday! Selfie Konsisten Depan Komputer, Raup 13 Miliar Rupiah

Maka dari itu, penyedia platform transaksi NFT perlu memastikan platformnya tidak memfasilitasi penyebaran konten yang melanggar peraturan perundang-undangan. Seperti pelanggaran ketentuan pelindungan data pribadi, bahkan pelanggaran hak kekayaan intelektual.

“Pelanggaran terhadap kewajiban yang ada dapat dikenakan sanksi administratif, termasuk di antaranya pemutusan akses platform bagi pengguna dari Indonesia,” paparnya.

Jika diketahui terjadi pelanggaran, pihak Kemenkominfo dapat melakukan tindakan secara tegas. Fenomena tersebut perlu disikapi dengan baik oleh seluruh pengguna platform NFT.

“Kami akan mengambil tindakan tegas dengan melakukan koordinasi bersama Bappebti, Kepolisian, dan kementerian/lembaga lainnya untuk melakukan tindakan hukum bagi pengguna platform transaksi NFT yang menggunakan tersebut untuk melanggar hukum,” pungkasnya. (Jni)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.