oleh

Apakah Boleh Bermain Handphone Saat Ada Petir? Ini Penjelasannya

RAGAM– Saat hujan kita pasti sering mendengar dan melihat petir. Sering muncul peryataan Apakah Boleh Bermain Handphone Saat Ada Petir.

Nah, pada saat ada petir sebaiknya kita berlindung di tempat yang aman agar tidak tersambar. Kita juga tidak boleh menggunakan benda yang mengalirkan arus listrik, karena dapat memicu tersambar petir. Namun bagaimana dengan Handpone? Apakah jika kita bermain handphone saat ada petir itu aman? Mari kita bahas selengkapnya.

Ini masih menjadi pertanyaan bagi sebagian masyarakat, apakah hal tersebut berbahaya atau tidak. Karena banyak kasus tersmbar petir saat bermain handphone, masyarakat menganggap bahwa hal ini berbahaya.

Padahal kalau kita telaah lagi, bermain handphone saat ada petir itu tidak berbahaya, karena daya yang digunakan handphone adalah daya baterai, yang dimana tidak  menghasilkan arus yang mengalir. Sedangkan petir hanya menyambar benda yang berarus listrik mengalir. Jadi saat ini masih bisa dibilang aman.

Tapi,jika bermain handpone saat petir itu aman,mengapa ada kasus tersambar petir saat bermain handphone? Ada penyebab lain yang menyebabkan kejadian ini.

Bukan handphone yang menjadi penyebab utama petir menyambar, melainkan sinyal dari handphone. Setiap handphone biasanya memiliki satu atau dua kartu SIM dan saat terpasang dan aktif akan menghasilkan sinyal dan membuat petir menyambar.

Memang kasus tersambar petir saat bermain handphone tidak terlalu banyak, tetapi inilah alasan dan penebab yang paling logis dan masuk akal. Jadi sebaiknya, kita tidak bermain handphone menggunakan sinyal, seperti menelpon, mengirim pesan, atau bermain internet. Dan sebaiknya mematikan sinyal handphone dengan mode pesawat, atau menonaktifkan sementara layanan kartu SIM.

Tapi ada juga kasus yang menyebutkan masih ada yang tersambar petir saat main handphone, walaupun mematikan layanan internet dan menghidupkan mode pesawat. Bukan berarti bermain handphone saat ada petir berbahaya, karena sudah dijelaskan benda yang menggunakan baterai tidak akan memicu petir. Ada penyebab lain yang dapat memicunya. Jika kita menyalakan alat elektronik lain seperti TV,dapat memicu sambaran petir karena TV menggunakan sinyal dari antenna atau kemungkinan lain seperti berada di tempat yang sering tersambar petir seperti dibawah pohon atau di tempat yang menjulamg tinggi.

Pada intinya bermain handphone saat ada petir tidak berbahaya selama tidak menggunakan sinyal dan sebaiknya menunggu petirnya reda untuk mengurangi resiko. (Arrois)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.