oleh

BPBD Karawang Salurkan Bantuan Stimulan bagi Korban Bencana

KARAWANG-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Karawang, bakal memberikan bantuan bagi korban bencana alam di enam kecamatan  yang terdampak puting beliung pada Jumat, (21/1) pekan lalu. Pasalnya, akibat bencana tersebut, ratusan rumah warga mengalami kerusakan yang cukup berat.

Enam kecamatan tersebut diantaranya Kecamatan Lemahabang, Tempuran, Batujaya, Tirtajaya, Telukjambe dan Ciampel. Mayoritas dari kecamatan tersebut merupakan wilayah pesisir di Kabupaten Karawang.

Kepala Pelaksana BPBD Karawang, Yasin Nasrudin mengatakan, untuk mengurangi beban warga yang menjadi korban. Pemkab Karawang melalui Satgas BPBD menyalurkan bantuan stimulan kepada para korban bencana angin puting beliung. “Bantuan diberikan bervariasi berdasarkan tingkat kerusakan yaitu rusak berat, ringan hingga rusak sedang,” ujar Yasin.

Disinggung soal nominal bantuan tersebut, Yasin mengatakan, bahwa bantuan dana stimulan untuk perbaikan atap rumah yang rusak itu besarannya berbeda-beda. Mulai dari Rp. 3,5 juta untuk kerusakan berat, Rp. 2,5 juta yang rusak sedang dan Rp. 1,5 juta untuk kerusakan ringan. “Bantuan kami berikan melalui bank dengan cara ditransfer ke rekening korban,” katanya.

Yasin mengatakan, sejumlah kecamatan di Karawang akan menghadapi cuaca ekstrem sepanjang sepekan ke depan. Pihaknya mengimbau untuk warga selalu berhati-hati dan mempersiapkan diri. “Dalam beberapa hari ke belakang banyak kejadian angin puting beliung saat cuaca ekstrem. Kerusakan paling parah di wilayah pesisir,” pungkasnya. (use/sep)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.