Pasar Purwasari Jadi Pusat UMKM di Karawang

Pasar Purwasari Jadi Pusat UMKM di Karawang
0 Komentar

KARAWANG-Sudah lama terbengkalai Pasar Rawasari yang berlokasi di jalan Rachman hakim Kelurahan Nagasari kini di buka kembali, Sabtu (29/1). Rencananya, Pasar Purwasari menjadi pusat UMKM yang berada di tengah kota.

Dalam Grand Opening Pasar Rawasari turut hadiri Kepala dinas Disperindag H. Ahmad Suroto, Wakil Bupati Karawang H. Aep Saepulloh, SE, Kadis Koperasi Kabupaten Karawang Ade Sudjana, PLT Asda 2 Hanafi mewakili Bupati Karawang, Anggota DPRD Provinsi Jabar Hj. Sri Rahayu Agustina, SH, Pengelola Pasar Agus Ferianto SH, MH, Ketua Ikatan Keluarga Minang Kabupaten Karawang Indra Prihatna S.Si, Ketua Forum Wirausaha Karawang (Forwika) Asep Mulyana.

Kepala Disperindang Karawang Ahmad Suroto ketika ditemui oleh pihak media mengatakan, dulu Pasar Rawasari adalah pasar sementara buat para pedagang Pasar Karawang. Hal ini dikarenakan Pasar Karawang akan di bangun. “Awalnya Pasar Rawasari ini di kerjasamakan dengan pihak pengembang, tetapi pihak pengembang tidak mau. Maka dari itu, Pasar Rawasari dibuat pasar yang menial oleh-oleh Karawang,” katanya.

Baca Juga:Gudang Penyimpanan Ikan Mangkrak di area Balai Benih Ikan (BBI) Desa Tanjungwangi Kecamatan Cijambe Berhenti BeroperasiDua Kepsek, Dua Guru dan Lima Siswa di Subang Terpapar Covid-19

Pengelola Pasar Rawasari, Agus Ferianto mengatakan, Pasar Rawasari terdapat 44 kios dan 16 lapak berada di bawah naungan Disperindag Kabupaten Karawang. Keluarga besar Ikatan Pedagang Minang akan mengelola Pasar Rawasari ini.

“Kami siap untuk berkolaborasi dengan Pemkab Karawang terkait dengan sistem manajemen kedepannya,” katanya.

Saat situasi pandemi kami pengelola pasar juga menerapkan protokol kesehatan seperti, pemakaian hand sanitizer, pengecekan suhu, menyiapkan tempat cuci tangan, menyiapkan masker serta menerapkan pemberlakuan protokol kesehatan lainnya.

Pasar Rawasari yang dulu pasarnya amburadul kini sudah ditata sebagai pasar yg rapih dan dijadikan sebagai pasar pusat oleh-oleh khas Karawang dan digunakan juga untuk tempat santai warga Karawang. “Pasar ini nantinya tidak ekskusif kami terbuka, di pasar ini siapa saja silahkan bisa berjualan disini menyesuaikan dengan peraturan yang berlaku. Kami akan mengaktifkan kembali roda perekonomian di Pasar Rawasari setelah beberapa waktu lamanya tidak aktif kini menjadi Pusat UMKM di kota Karawang,” katanya.(ddy/vry)

 

0 Komentar