Cold Storagedi Cijambe Subang Diberhentikan Satu Bulan Lalu

Cold Storagedi Cijambe Subang Diberhentikan Satu Bulan Lalu
INDRAWAN SETIADI/PASUNDAN EKSPRES TAK ADA AKTIFITAS: Cold Storage di Desa Tanjung Wangi Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang sepi pasca operasionalnya ditutup sementara.
1 Komentar

SUBANG-Pasca tidak beroperasi kondisi cold storage yang berada di Cijambe, tampak sepi tidak ada aktivitas apapun. Dari pantauan Pasundan Ekspres Kamis (3/2), hanya ada beberapa orang saja yang mengaku ditugaskan untuk menjaga keberadaan cold storage tersebut.

“Sejak satu bulan lah ada, operasionalnya diberhentikan dulu,” ungkap seseorang yang mengaku hanya berjaga di sana, dan tidak mau disebutkan namanya.

Sejak dibangun tahun 2019 lalu, Bangunan cold storage atau tempat pembekuan ikan yang berlokasi di Balai Benih Ikan (BBI) Desa Tanjungwangi, Kecamatan Cijambe, Subang yang semula belum difungsikan selama satu tahun semenjak selesai dibangun.

Baca Juga:Maksimalkan Pos KB, Jaminan Konseling untuk Ketahanan KeluargaSoal Hukum Suami Boleh Pukul Istri Dalam Islam, ini Penjelasannya dalam Alquran

Pengelola pembekuan ikan di Cold Storage, Fahrudinsyah menjelaskan, cold storage sudah mulai beraktivitas sejak Desember 2019. Setiap harinya, ada pemrosesan ikan dari luar Jawa Barat. Hanya saja menurutnya, berjalan tidak optimal.

“Kalau saya ke sini sejak Desember 2019. Jadi, saya tahunya memang sudah ada aktivitas sejak itu. Ikan yang masuk itu kami beli dari peternak luar Jawa Barat, untuk kami jual ke berbagai area di Subang. Waktu itu dioperasikan untuk pemindang (pengrajin ikan pindang),” jelasnya.

Sebelumnya Sekdis Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Subang, Dinar Waldinar menyebut, jika pengelolaan yang dilakukan oleh koperasi Dinas kelautan dan Perikanan kabupaten Subang tidak mampu dalam mengelola cold storage.

Dia menyebut terpaksa harus memberhentikan operasional cold storage sampai ada pemodal yang sanggup dan mampu mengelola tempat tersebut.

“Iya bagaimana lagi, penghasilan menurun. Bahkan pihak pengelola juga tidak mampu membayar listrik yang besarannya sampai Rp 9 juta per bulan, sehingga terpaksa kami tutup sementara,” katanya.

Cold storage resmi beroperasi sejak Februari tahun 2020 dari selesai dibangun sejak 2019 lalu. Saat itu, diresmikan langsung oleh Bupati Subang, H Ruhimat. Bupati Subang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia yang pada tahun anggaran 2018, melalui Direktorat Jenderal penguatan daya saing produk Kelautan dan Perikanan telah membangun  Single cold storage kapasitas 50 Ton di Kabupaten Subang.

“Dengan bantuan single cold storage ini, juga membuktikan bahwa Kabupaten Subang merupakan daerah yang potensial di bidang Kelautan dan Perikanan,” kata Bupati saat itu.

1 Komentar