Waspada, Februari Puncak Musim Hujan 2022

TETAP WASPADA: Situasi Kabupaten Purwakarta diguyur hujan sedari dini hari hingga siang. ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES
TETAP WASPADA: Situasi Kabupaten Purwakarta diguyur hujan sedari dini hari hingga siang. ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES
0 Komentar

PURWAKARTA-Intensitas hujan yang cukup tinggi terjadi hampir di seluruh wilayah Kabupaten Purwakarta. Bahkan pada Selasa (8/2) dini hari hingga siang, hujan terus menerus mengguyur Kota Lampion ini.

Terkait intensitas hujan ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purwakarta meminta warga untuk waspada terutama bagi mereka yang tinggal di lokasi rawan bencana.

“Sekarang cuaca sedang tidak menentu, kadang pagi panas tapi siang tiba-tiba hujan disertai angin kencang. Adakalanya seharian hujan, makanya masyarakat harus waspada,” kata Kepala BPBD Kabupaten Purwakarta, Juddy Herdiana, saat dihubungi melalui gawainya, Selasa (8/2).

Baca Juga:Serunya Turnamen Sepakbola Karang Taruna Desa Kasomalang Kulon Cup 2022Tetap Buka, Objek Wisata di Kabupaten Bandung Barat Layani 25 % Pengunjung

Untuk itu, Juddy mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap cuaca ekstrem seperti hujan lebat yang disertai petir dan angin, serta dampak lain seperti banjir bandang, longsor, genangan, angin kencang, hingga pohon tumbang dan jalan licin.

“Tetap waspada dalam segala kemungkinan bencana baik itu longsor, banjir dan tanah bergerak. Segera lakukan penyelamatan minimal untuk diri sendiri dan keluarga terdekat apabila tempat nya terancam bencana,” kata pria yang pernah menjabat Camat Purwakarta itu

Menurut Juddy, dalam beberapa hari ke depan, cuaca kurang bersahabat masih akan terjadi. Apalagi informasi dari Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), puncak musim hujan akan terjadi pada Februari ini.
Juddy juga sudah menyampikan imbauan ini kepada para aparat desa, pimpinan perangkat daerah, hingga grup grup para relawan di Kabupaten Purwakarta untuk tetap siaga.

“Siapkan kepentingan darurat dalam satu tas, bisa pakaian, baju dalam dan obat pribadi. Tetap tenang dan jangan panik, petugas BPBD yang bersiaga di tiap kecamatan juga memantau perkembangan cuaca berikut potensi bencana yang mungkin terjadi,” ucap Juddy. (add/sep)

 

0 Komentar