Perihal Haramkan Wayang, Ustadz Khalid Basalamah Ucapkan Permintaan Maaf

Perihal Haramkan Wayang, Ustadz Khalid Basalamah Ucapkan Permintaan Maaf
Perihal Haramkan Wayang, Ustadz Khalid Basalamah Ucapkan Permintaan Maaf
0 Komentar

VIRAL – Ustadz Khalid Basalamah diketahui telah melakukan klarifikasi perihal ceramahnya yang viral tentang bahasan wayang. Ustad Khalid membantah dalam ceramah belum lama ini, diketahui melontarkan bahwa dirinya mengharamkan wayang.

“Video ini teman-teman kami buat untuk klarifikasi sekaligus permohonan maaf atas potongan pertanyaan yang diajukan salah satu cuma beberapa tahun lalu,” terang Ustadz Khalid di akun Instagram pribadinya, Selasa 15 Februari 2022.

Ustad Khalid mengatakan, ceramah yang viral itu dilakukan di Masjid Blok M. Ia membantah mengharamkan wayang dalam ceramah itu.

Baca Juga:Ridwan Kamil: Sistem Ekonomi Pancasila akan Bangkitkan Perekonomian di IndonesiaHikmah Pandemi dari Sudut Pandang Ridwan Kamil

Ia berucap bahwa saat itu ia sedang mencoba menjawab salah satu pertanyaan dari jamaahnya yang bertanya perihal wayang dalam pandangan Islam.

Perihal Haramkan Wayang, Ustadz Khalid Basalamah Ucapkan Permintaan Maaf

https://www.youtube.com/watch?v=clWt_5yCDiQ

“Saya mengatakan alangkah baiknya dan kami sarankan, agar menjadikan Islam sebagai tradisi jangan menjadikan tradisi sebagai Islam. Dan tidak ada kata-kata saya di situ mengharamkan,” jelas Ustad Khalid Basalamah

Ia menjelaskan, bahwa pada waktu itu dia mengatakan jamaahnya untuk menjadikan Islam sebagai tradisi.

Kata dia bahwa apabila ada tradisi yang sejalan dengan Islam, boleh dilestarikan.

Tapi apabila tradisi bertentangan dengan Islam ada baiknya ditinggalkan. “Ini sebuah saran,” terang Ustadz Khalid.

Ustad Khalid menjelaskan lagi, sementara untuk kalimat ajakan untuk musnahkan wayang. Itu merupakan saran untuk jamaahnya pada waktu ingin meninggalkan wayang.

Baca Juga:Ditanyai Siap Nyapres 2024 oleh Karni Ilyas, Ridwan Kamil: Kerja Aja Dengan BaikInfo Lowongan Kerja Terbaru 2022, Bratas Abipraya Buka Loker untuk D4 dan S1

“Misalnya ini dia seorang dalang, kalau dia sudah taubat dia enggak mau lagi melakukan itu, mau diapakan wayang-wayang ini. Saya katakan untuk dia secara individu dimusnahkan, sebatas itu,” papar Ustad Khalid.

Selebihnya, Ustad Khalid kembali meminta maaf atas ucapannya tersebut.

“Klarifikasi ini bukan membenarkan sikap tapi hanya untuk menjelaskan saja.

“Sebagai seorang Muslim yang baik, saya berharap juga salah satu dari Muslim itu, kalau ada sesuatu yang kita lakukan ternyata menyinggung orang lain, ada baiknya kita meminta maaf,”

“Dan saya pada kesempatan ini, Khalid Basalamah mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya dari hati nurani kami kepada seluruh pihak tidak terkecuali, yang merasa terganggu, tersinggung dengan jawaban kami tersebut,” pungkasnya. (Jni)

0 Komentar