Sejarah Es Goyobod, Minuman Segar dari Tatar Sunda

Sejarah Es Goyobod, Minuman Segar dari Tatar Sunda (ilustrasi es goyobod)
Sejarah Es Goyobod, Minuman Segar dari Tatar Sunda (ilustrasi es goyobod)
0 Komentar

KULINER – Es goyobod merupakan salah satu minuman dingin berbahan dasar santan khas Jawa Barat, khususnya Garut. Es ini biasa disajikan dalam gelas besar atau mangkuk kecil.

Es goyobod terbuat dari perpaduan berbagai bahan seperti tepung, pacar cina, tapai singkong, daging kelapa, potongam roti tawar lengkap dengan kuah dan susu kental manis.

Menurut sejarah, pedagang pertama yang memulai menjual es goyobod adalah Abah Aca yang berjualan di daerah Banceuy, Bandung.

Baca Juga:Ini Ternyata Penyakit yang Diderita Dorce Gamalama hingga Meninggal DuniaKabar Duka! Innalillah Dorce Gamalama Meninggal Dunia, Wasiat Dimakamkan sebagai Perempuan

Kemudian Abah Aca pindah ke garut akibat peristiwa “Bandung Lautan Api” . Sejak itulah es goyobod asal Garut semakin populer.

Namun beberapa orang percaya es goyobod lahir karena pengaruh kuliner Tionghoa. Unsur Tionghoa dalam es goyobod terdapat dari tepung hunkwe sebagai bahan utamanya.

Tepung hunkwe adalah tepung yang terbuat dari sari pati kacang hijau. Saat dijadikan adonan tepung ini menghasilkan adonan yang kenyal sebagaimana terdapat dalam sajian es goyobod.

Es goyobod sekilas seperti es campur pada umumnya, namun yang khas dari es goyobod adalah puding hunkwenya.

Saat ini es goyobod bisa mudah ditemukan di daerah Jawa Barat. (Cdp/Jni)

0 Komentar