Expo Virtual, Ewindo Sapa Jutaan Petani

EXPO: Ewindo Expo 2022 yang digelar secara virtual menjadi media yang merekatkan Ewindo dengan jutaan petani. ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES
EXPO: Ewindo Expo 2022 yang digelar secara virtual menjadi media yang merekatkan Ewindo dengan jutaan petani. ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES
0 Komentar

Buah yang seragam menguntungkan bagi pedagang, karena lebih menarik bagi pembeli apalagi cabai ini rasa yang sangat pedas.

Selain itu, Ewindo juga mengenalkan mentimun ERINA F1 yang tahan terhadap virus Gemini. Tanaman ini juga memiliki karakter mudah merambat yang membuat petani dapat mengurangi biaya perambatan. Potensi produksinya juga tinggi yaitu hingga mencapai 50 ton/ha.

Bagi pedagang, mentimun ERINA F1 juga memberikan keuntungan karena tahan disimpan sehingga membuat kualitasnya terjaga baik dari segi rasa maupun warna hijau gelap merata. Ini sangat berguna bagi pedagang terutama untuk pengiriman yang jauh dan waktu yang lama. Apalagi, mentimun ini memiliki tekstur renyah dan manis serta dijamin bebas pahit (bitter free).

Baca Juga:Menko Airlangga Sepakati Berbagai Kerja Sama Strategis, Indonesia dan Korea Selatan Saling Dukung Pemulihan Ekonomi Pasca PandemiPerda Ekraf Penguatan Ekonomi Kerakyatan

“Tidak hanya terus melakukan riset dan pengembangan untuk mendapatkan varietas unggul untuk memenuhi kebutuhan petani akan benih yang bermutu dan memberikan hasil yang maksimal, pandemi ini juga mempercepat proses penerapan teknologi digital,” ujar Glenn.

Salah satunya adalah optimalisasi penggunaan aplikasi SIPINDO yang memberikan akses informasi seputar pertanian yang terpercaya bagi petani kecil untuk membuat keputusan berdasarkan data untuk lahan budidaya mereka.

Aplikasi yang dikembangkan Ewindo sejak 2017 itu kini telah diunduh lebih dari 115 ribu pengguna. Adapun fitur SIPINDO yang paling banyak dimanfaatkan petani di antaranya adalah fitur irigasi.

Fitur ini menyediakan rekomendasi pengairan/penyiraman bagi tanaman berdasarkan input data lokasi, fase pertumbuhan, dan waktu terakhir penyiraman.

Selain itu, pengguna juga banyak mengakses fitur toko pertanian, di mana pengguna dapat menemukan toko terdekat di area mereka untuk membeli perlengkapan dan peralatan bertani. Fitur-fitur ini sangat membantu petani Indonesia di masa pandemi, terutama petani di daerah 3T (terluar, tertinggal, dan terdepan).

Melalui SIPINDO, Ewindo juga memberikan kesempatan kepada para petani untuk berdiskusi langsung dengan para ahli budidaya dan penyakit tanaman. Petani juga dapat bertukar pengalaman dengan petani dari daerah lain untuk menambah wawasan dan mendapatkan informasi harga produk sayuran yang sangat penting bagi petani.

Tidak hanya SIPINDO, untuk memudahkan akses petani terhadap benih unggul berkualitas dengan lebih mudah, Ewindo telah meluncurkan official store yang bernama panahmerah.store di channel marketplace.

0 Komentar