oleh

Manfaat dari Olahraga Kardio serta Contohnya

KESEHATAN – Olahraga kardio merupakan jenis olahraga yang memicu detak jantung dan memompa darah lebih cepat. Hal ini disebabkan karena olahraga kardio merangsang denyut jantung dan meningkatkan laju pernapasan.

Jenis olahraga ini membantu mengalirkan banyak oksigen kedalam tubuh, sehingga jantung dan paru-paru terjaga kesehatannya.

Sebuah aktivitas fisik bisa dikatakan sebagai olahraga kardio jika dilakukan berulang-ulang secara teratur dalam jangka waktu tertentu. Seperti jalan kaki, jogging, lompat tali, dan bersepeda.

Manfaat dari Olahraga Kardio serta Contohnya

  • – Jalan kaki

Jalan kaki adalah olahraga kardio yang sangat baik, karena aktivitas ini adalah cara yang efektif untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar.

Tak hanya itu, jalan kaki juga bisa menurunkan berat badan, meningkatkan mood, serta dapat menurunkan tekanan darah dan kolestrol.

  • – Jogging

Jogging adalah salah satu olahraga kardio yang dapat meningkatkan energi tubuh, biasanya jogging dilakukan pada pagi hari.

Saat melakukan jogging maka tubuh akan melepaskan sebuah hormon. Hormon tersebut bernama hormon endorphin yang akan membantu kamu mengangkat semangat di dalam tubuh.

  • – Lompat tali

Melakukan lompat tali secara rutin akan membentuk otot tubuh bagian atas dan bawah. Tak hanya itu lompat tali juga bisa melatih otot kaki, bisep dan bahu.

  • – Bersepeda
    Bersepeda termasuk jenis olahraga kardio yang berfungsi menjaga kesehatan jantung, paru-paru dan sirkulasi darah.

Dengan bersepeda secara rutin kadar lemak dalam darah akan menurun sehingga baik untuk kamu yang memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Berbagai pilihan olahraga kardio tersebut bisa kamu lakulan kapan saja dan di mana saja dengan mudah. (Cdp/Jni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.