Tolak Usulan Pengurangan Pupuk Subsidi, Merugikan Petani di Karawang

PERTANIAN: Aktivitas pertanian di Kabupaten Karawang. Petani menolak usulan DPR soal pengurangan subsidi pupuk. USEP SAEPULOH/PASUNDAN EKSPRES
PERTANIAN: Aktivitas pertanian di Kabupaten Karawang. Petani menolak usulan DPR soal pengurangan subsidi pupuk. USEP SAEPULOH/PASUNDAN EKSPRES
0 Komentar

KARAWANG-Sejumlah petani di Kabupaten Karawang menyoroti usulan Panitia Kerja (Panja) Komisi IV DPR RI kepada Pemerintah. Usulan tersebut untuk mengurangi jenis pupuk yang disubsidi menjadi urea dan NPK saja. Hal itu bakal membunuh petani secara perlahan jika pemerintah mengabulkan permohonan para legislator tersebut.

Hal itu karena selama ini petani padi di Karawang tidak hanya menggunakan pupuk urea dan NPK saja. Terlebih jumlah kuantitas pupuk tersebut untuk bisa didapatkan petani di Karawang sangat terbatas. Sehingga para petani kerap menggunakan jenis pupuk lain seperti SP36, organik dan organik cair.

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Subur Makmur Desa Pamekaran Kecamatan Banyusari Kabupaten Karawang, Asep Saepudin menilai, jika subsidi pupuk dicabut maka sama saja dengan membunuh petani secara perlahan. Pasalnya, kebutuhan pupuk bagi petani sangatlah penting.

Baca Juga:Bertemu Kader Airlangga Sampaikan Golkar Bertekad Kuningkan Pulau Sumatera di Pemilu 2024Asuransi Tani di Subang Belum Berjalan, Ketua DPRD: Harus Dilaksanakan

“Petani di Karawang selain menggunakan urea juga menggunakan pupuk organik dan organik cair untuk tanaman padi. Kalau subsidi pupuk organik dicabut biaya kita bisa tambah tinggi, sementara tidak ada jaminan harga gabah meningkat. Sama saja mencekik petani ,” ujarnya.

Dengan tegas dia menolak usulan yang disampaikan Komisi IV DPR RI kepada Pemerintah tersebut.

“Jelas kami menolak usulan subsidi pupuk untuk jenis yang sering kami gunakan dicabut, khususnya jenis SP36 dan organik. Karena pupuk urea yang bisa kami dapatkan juga terbatas,” tegasnya.

Apalagi unsur hara tanah di Karawang terbilang sudan kurang. Maka untuk mempertahankan kesuburan tanah dibutuhkan pupuk organik selain pupuk urea.

Unsur Hara yang kurang sangat berdampak kepada tanaman, sebab kandungan-kandungan dalam tanah yang dibutuhkan tidak bisa terserap saat unsur Hara rendah.(use/ysp)

 

0 Komentar