Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami (ilustrasi cek darah)
Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami (ilustrasi cek darah)
0 Komentar

KESEHATAN – Bagi seseorang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, berarti harus sangat berhati-hati dalam menjaga kondisi kesehatan.

Sebab, tekanan darah tinggi bisa memicu penyakit kronis seperti stroke bahkan serangan jantung.

Namun, risiko tekanan darah tinggi dapat diupayakan untuk diminimalisir atau dihilangkan dengan menerapkan gaya hidup sehat dengan rutin dan teratur

Baca Juga:Cara Menggunakan Whatsapp Beta untuk Multi Perangkat Tanpa Terhubung HandphoneBantuan Uang BPNT Diharapkan untuk Beli Sembako

Seperti dirangkum dari PMJ News yang dilansir Express.co.uk via Fin, di bawah ini terdapat lima cara alami untum menuruntkan tekanan darah tinggi.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

1. Aktivitas Fisik

Sebisa mungkin mengatur, aktivitas fisik agar lebih teratur karena hal itu dapat meningkatkan detak jantung dan pernapasan.

Caranya adalah, misalnya dengan main bola basket, tenis, bersepeda, menaiki tangga, menari, berkebun, jogging, berenang, berjalan kaki. Cara lain adalah dengan memotong rumput dan menyapu halaman.

Tekanan darah juga dapat diturunkan dengan cara menurunkan berat badan.

2. Mengurangi Garam

Apabila seseorang mengkonsumsi garam dengan kadar yang berlebihan maka bisa menyebabkan tubuh menahan lebih banyak air untuk menjaga keseimbangan cairan.

Justru efek yang dapat ditimbulkan ialah tekanan pada dinding pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah Anda.

Konsumsi garam berlebihan bisa memicu penyakit jantung dan stroke.

3. Berhenti Merokok

Arteri dapat tersumbat lantaran nikotin yang ada di dalam rokok dan mengurangi ruang bagi darah untuk mengalir dengan baik.

Lalu risiko merokok juga dapat menyebabkan kemungkinan serangan jantung atau strok, dan menurunkan jumlah oksigen yang dikirim ke tubuh.

4. Batasi Kopi

Baca Juga:16 Rumah di Karawang Rusak Berat Disapu Puting BeliungMenko Airlangga Hartarto Tinjau Vaksinasi Anak di SDN 158 Pekanbaru 

Kafein yang terdapat di dalam kopi ternyata dapat meningkatkan tekanan darah setiap kali meminumnya

Sejumlah peneliti meyakini bahwa kafein bisa memblokir hormon yang membantu Arteri tetap lebar.

Selain itu, kafein pun diyakini bisa menyebabkan kelenjar adrenal melepaskan lebih banyak adrenalin, yang menyebabkan tekanan darah meningkat.

5. Konsumsi Lebih Banyak Kalium

Makanan kaya potasium adalah hal yang cukup penting dalam mengelola tekanan darah tinggi. Hal itu lantaran kalium dapat mengurangi efek natrium.

0 Komentar