Ramadhan Sebentar Lagi? Yuk Ikuti Amalan Sunnah yang Dicontohkan Nabi Muhammad SAW

Ramadhan Sebentar Lagi? Yuk Ikuti Amalan Sunnah yang Dicontohkan Nabi Muhammad SAW
Amalan Menjelang Ramadahan yang Dicontohkan Nabi. Foto : muslim.okezone.com
0 Komentar

Bulan suci Ramadhan sebentar lagi akan kembali datang menyapa kita semua. Bulan yang istimewa bagi umat islam karena di dalamnya  terdapat banyak keberkahan dan penuh dengan ampunan. Dengan istimewanya bulan Ramadhan Nabi Muhammad SAW selalu menyiapkan diri untuk menyambut bulan yang suci tersebut dengan memperbanyak amalan.

Dilansir dari republika, Nabi Muhammad SAW menjelang ramadhan kerap berpuasa di bulan Sya’ban, bulan sebelum Ramadhan dalam kalender Islam. Nabi juga mendorong umat islam disekitarnya untuk meningkatkan ibadah sebelum Ramadhan benar-benar tiba.

Rasulullah mempunyai cara tersendiri untuk menyambut bulan Ramadhan

Pertama, bersihkan hati. Saat Ramadhan tiba setiap umat islam baiknya membersihkan hati dari sifat dengki, hasud dan penyakit hati lainnya. Salah satu caranya adalah dengan meminta maaf.

Baca Juga:APBD Subang Capai Rp2,9 Triliun, Anggaran Kegiatan SKPD Sudah Bisa DicairkanMomentum Isra Mi’raj, Ridwan Kamil Ajak Ulama Senantiasa Jaga Kondusivitas di Jawa Barat

“Dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda “Tidaklah sedekah itu mengurangi harta dan tidaklah Allah SWT menambah bagi seorang hamba dengan pemberian maafnya (kepada saudaranya) kecuali kemuliaan (di dunia dan akhirat) serta tidaklah seseorang merendahkan diri karena Allah SWT kecuali Dia akan meninggikan derajatnya di dunia dan akhirat.

Kedua, berpuasa di bulan Sya’ban.

“Jika sya’ban sudah pertengahan maka janganlah berpuasa” (HR Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah

“Janganlah kalian mendahului puasa Ramadhan dengan puasa 1 atau 2 hari, kecuali seseorang yang biasa berpuasa sunnah, maka lakukanlah puasanya” (HR Bukhari dan Muslim)

Ketiga, meminta ampunan kepada Allah SWT. Sebelum Ramadhan tiba umat muslim juga dianjurkan untuk bertaubat kepada Allah SWT. Agar mendapatkan ketenangan hati saat menjalankan ibadah puasa. Berikut doanya.

“Allaahumma barik lanaa fii rajaba wa sya’bana wa ballighnaa ramadhaana”

Artinya :“(Ya Allah berkatilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban. Sampaikan kami dengan bulan Ramadhan)”

“Rabbanaa dzolamnaa anfusanaa wa in lam taghfirlanaa watarhamnaa lanakuu nanna minal khoosiriin”

Baca Juga:4 Kelebihan Orang Introvert yang Harus Kamu KetahuiEfeektif!! Ini 8 Cara Mudah untuk Bersosialisasi bagi Orang Pendiam

Artinya : “(Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami dan apabila Engkau tidak mengampuni kami serta memberi rahmat kepada kami, pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi)”

 

0 Komentar