oleh

Menhub Tinjau Persiapan Patimban Jelang Dihadiri Jokowi Selasa Ini

PUSAKANAGARA – Jelang kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Pelabuhan Patimban, Menteri perhubungan Budi Karya Sumadi siang tadi meninjau kesiapan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Sabtu (5/3).

Seperti diketahui, sejumlah persiapan terus dilakukan jelang kunjungan Presiden Joko Widodo pada beberapa hari ke depan.

Presiden dijadwalkan akan melepas langsung ekspor kendaraan dari Pelabuhan Patimban kesejumlah negara di ASEAN pada Selasa (8/3) mendatang.

Dalam kunjungan tersebut Menhub Budi Karya juga menyebut pelabuhan patimban yang sudah aktif selama tiga bulan ini diharapkan menjadi sub pelabuhan besar bersama Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Menhub Budi Karya yang juga didampingi Bupati H Ruhimat dan Forkopimda Subang langsung melihat aktivitas pengangkutan ekspor ke kapal MV Ostina.

Kapal ini telah bersandar di Pelabuhan Patimban yang akan membawa kendaraan tujuan ekspor mobil ini dilakukan ke Thailand, Singapura, Brunei dan Filipina.

“Rencananya dalam setahun akan ada pergerakan ekspor sebanyak 160ribu dari kapasitas tampung terminal 200ribu, selain itu akan disiapkan terminal yang bisa menampung 7 juta kontainer kedepannya dan satu juta mobil yang siap ekspor,” kata Menhub.

Keberadaan pelabuhan patimban juga diharapkan bisa menjadi Hub atau pelabuhan pengumpul yang kuat bersama dengan Pelabuhan Tanjung Priok yang saat ini sudah over kapasitas.

“ke depan pelabuhan priok akan melayani pelayaran ekspor dari pabrik-pabrik di wilayah bekasi hingga ke wilayah barat, sedangkan pelabuhan patimban akan melayani pelayaran ekspor untuk wilayah bekasi hingga ke jawa tengah,” jelasnya.

Disamping itu, Pelabuhan Patimban diharapkan juga bisa memberikan dampak ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat subang dan sekitarnya. Bahkan untuk kemajuan bangsa indonesia. (ygi/idr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.