Jangan Panik Jika Tekanan Darah Naik, Cukup lakukan Ini

Jangan Panik Jika Tekanan Darah Naik, Cukup lakukan Ini
Jangan Panik Jika Tekanan Darah Naik, Cukup lakukan Ini. Foto : superyou.co.id
0 Komentar

Health – Bagi anda yang mempunyai riwayat tekanan darah tinggi sudah seharusnya untuk waspada terhadap kondisi kesehatan. Sebabnya, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit kronis seperti stroke atau serangan jantung.

Namun, resiko tekanan darah tinggi dapat dicegah bahkan dihilangkan apabila anda melakukan gaya hidup sehat setiap harinya.

Dilansir dari PMJ News berikut 5 cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

Aktivitas Fisik

Baca Juga:Wagub Dorong Link and Match Sekolah VokasiMuhamadiyah Tetapkan 1 Ramadan 2 April 2022

Lakukan aktivitas fisik secara teratur karena hal tersebut dapat meningkatkan detak jantung dan pernapasan. Hal yang dapat dilakukan untuk melakukan aktivitas fisik yaitu bermain bola basket, jogging, berenang, melakukan pekerjaan rumah dan masih banyak lagi.

Kurangi Mengonsumsi Garam

Apabila seseorang mengonsumsi garam yang terlalu banyak dapat menyebabkan tubuh lebih banyak menahan air untuk menjaga keseimbangan cairan. Hal ini menjadikan tekanan pada dinding pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. Mengonsumsi garam berlebihan juga dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

Berhenti Merokok
Arteri dapat tersumbat karena nikotin yang ada di dalam rokok dan mengurangi ruang bagi darah untuk mengalir dengan baik. Kemudian risiko merokok juga dapat menurunkan jumlah oksigen yang dikirim ke tubuh.

Batasi Meminum Kopi 
Kafein di dalam kopi menyebabkan tekananan darah meningkat setiap kali anda meminumnya.
Beberapa peneliti percaya kafein dapat memblokir hormon yang membantu arteri tetap lebar. Kemudian, kafein juga diyakini dapat menyebabkan kelenjar adrenal melepaskan lebih banyak adrenalin, yang menyebabkan tekanan darah meningkat.

Konsumsi Lebih Banyak Kalium 
Makanan kaya potasium juga penting dalam mengelola tekanan darah tinggi karena kalium mampu mengurangi efek natrium. Dengan begitu, natrium dapat hilang melalui urin apabila seseorang banyak mengonsumsi kalium. Ketegangan di dinding pembuluh darah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Orang dewasa dianjurkan harus mendapatkan 4.700 mg potasium sehari. (Fin/Yni)

0 Komentar