Unik dan Menarik, Berikut Beberapa Tradisi Menjelang Ramadhan di Indonesia

Unik dan Menarik, Berikut Beberapa Tradisi Menjelang Ramadhan di Indonesia
Unik dan Menarik, Berikut Beberapa Tradisi Menjelang Ramadhan di Indonesia. Foto : inilahjogja.com
0 Komentar

Budaya Malamang atau membuat Lemang yang dilakukan secara berbarengan adalah salah satu tradisi Ramadhan yang umum bagi masyarakat Sumatera Barat. Jadi, jika kamu singgah ke Sumatera Barat saat bulan Ramadan, jangan lupa untuk cicipi kuliner tradisional lemang ini.

Tradisi Meugang di Aceh

Aceh juga mempunyai tradisi menjelang Ramadhan yang dinamakan dengan Meugang. Masyarakat Aceh melakukan tradisi Meugang sebagai tanda syukur karena sudah melewati 11 bulan dalam tahun dengan memasak daging dan membagikannya kepada orang terdekat.

Tradisi Munggahan di Jawa Barat

Dalam menyambut Ramadhan biasanya masyarakat sunda melakukan tradisi Munggahan. Munggahan adalah tradisi yang dilaksanakan seminggu atau du minggu sebelum bulan Ramadhan tiba. Tradisi ini dilakukan dengan cara berkumpul bersama keluarga saling bermaafan atau bersantap makanan  sebelum Ramadhan tiba.

Pacu Jalur di Riau

Baca Juga:Aksinya Acungkan Jari Tengah di Medsos Viral, Kamaludin jadi Bocah Buronan InternasionalJokowi akan Hadir di Sirkuit Mandalika Nonton Langsung MotoGP

Tradisi menyambut bulan Ramadhan juga dilakukan di Riau dan perayaannya cukup meriah. Masyarakat Riau akan menggelar acara seperti pesta rakyat yang meriah dengan puncak berupa perlombaan dayung yang populer dengan nama Pacu Jalur.

0 Komentar