Unik dan Menarik, Berikut Beberapa Tradisi Menjelang Ramadhan di Indonesia

Unik dan Menarik, Berikut Beberapa Tradisi Menjelang Ramadhan di Indonesia
Unik dan Menarik, Berikut Beberapa Tradisi Menjelang Ramadhan di Indonesia. Foto : inilahjogja.com
0 Komentar

Ramadhan – Indonesia merupakan negara dengan mayoritas masyarakatnya penganut agama Islam. Untuk menyambut salah satu ibadah yang dilaksanakan oleh umat islam yaitu puasa di bulan Ramadhan. Setiap daerah mempunyai tradisi yang bermacam-macam untuk menyambutnya.

Dilansir dari beberapa laman berikut daftar daerah beserta tradisi yang unik untuk menyambut ramadhan.

Unik dan Menarik, Berikut Beberapa Tradisi Ramadhan di Indonesia

Tradisi Padusan di Boyolali

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat islam karena terdapat banyak keberkahan di dalamnya. Sebagai bentuk untuk menyambut bulan Ramadhan banyak masyarakat Indonesia yang menyambut Ramadhan dengan membersihkan diri. Salah satu tradisi Ramadgan untuk membersihkan atau menyucikan diri adalah tradisi Padusan yang biasa dilakukan di Boyolali.

Baca Juga:Aksinya Acungkan Jari Tengah di Medsos Viral, Kamaludin jadi Bocah Buronan InternasionalJokowi akan Hadir di Sirkuit Mandalika Nonton Langsung MotoGP

Menjelang bulan Ramadan masyarat Boyolali dan sekitarnya selalu melakukan kegiatan berendam atau mandi di laut ataupun sumber mata air lainnya yang dianggap keramat karena dipercaya mampu menyucikan diri sebelum memasuki bulan Ramadan.

Tradisi Nyadran di Jawa Tengah

Ziarah atau sering disebut disebut “nyekar” juga termasuk pada salah satu tradisi menjelang bulan Ramadhan yang ada di Indonesia. Sebut saja tradisi “Nyadran” di Jawa Tengah.

Tradisi Nyadran dilaksankan oleh masyarakat Jawa Tengah dalam rangka menyambut bulan Ramadan yang dilakukan dengan berziarah ke makam lelulhur dan membersihkannya. Kemudian setelah membersihkan makam dilanjutkan dengan membaca Al-Qurna, dzikir, tahlil, doa dan penutupan yang dilakukan dengan cara makan-makan bersama sanak saudara.

Tradisi yang selalu dilaksanakan menjelang bulan Ramadan ini bisa ditemui di berbagai daerah di Jawa Tengah dan sekitarnya seperti di Salatiga hingga di Yogyakarta.

Tradisi Malamang di Sumatera Barat 

Ketupat merupakan salah satu makanan khas di Indonesia dan biasanya banyak ditemui ketika hari Raya Idul Fitri. Namun jika kamu melaksanakan Ramadhan di Sumatera Barat kamu dapat menemukan makanan khas yang berbeda, makanan itu bernama Lemang.

0 Komentar