Deretan Rumah Adat Jawa, Beserta Filosofinya

Deretan Rumah Adat Jawa, Beserta Filosofinya
Deretan Rumah Adat Jawa, Beserta Filosofinya. Foto : tukangtamansurabaya
0 Komentar

Rumah Limasan 

Rumah adat kedua adalah rumah limasan. Berdasarkan namanya, rumah ini memang memiliki atap berbentuk limas. Atapnya memiliki empat sisi, dan hampir mirip dengan rumah dari Sumatera Selatan. Ada beragam rumah Limasan, seperti Gajah Mungkur,  Klabang Nyander, Semar Pindohong, dan Lawakan.

Mayoritas rumah Limasan berasal dari bahan bata merah tanpa lapisan di bagian luar. Bagian luar pun tidak dilapisi dengan cat. Di zaman sekarangbanyak rumah modern yang terinspirasi rumah adat Limasan.

Rumah Panggang Pe

Rumah adat selanjutnya yang juga berbeda dari yang lain adalah rumah Panggang pe. Keunikan yang paling mudah dilihat dari rumah adat satu ini adalah enam tiang panjang yang menjadi penyangga atap di bagian depan.

Baca Juga:Segera Pindah ke TV Digital, Kualitas Siaran akan Lebih BaikDigagas Ridwan Kamil, Ponpes Al-Ittifaq Jadi Percontohan Nasional Digitalisasi Pertanian

Berdasarkan sejarah, rumah ini dulu digunakan untuk berjualan atau disebut sebagai rumah sembako. Material yang dipakai untuk membangun Panggang Pe adalah kayu, lalu atapnya dibuat dari genteng. Ada enam jenis rumah Panggang Pe, yaitu trajumas, barengan, empyak setangkep, cere gancet, gedang selirang, dan gedhang setangkep. Rumah adat ini masih bisa Anda jumpai terutama di daerah Yogyakarta dan sekitarnya.

Rumah Adat Jawa Barat

Rumah Julang Ngapak

Rumah adat Jawa Barat yang akan dibahas pertama adalah Imah Julang Ngapak. Atap rumah ini persis dengan burung yang sedang mengepakkan sayap, sehingga dinamakan julang ngapak. Bagian atas rumah berbentuk segitiga, kemudian melebar di bagian bawahnya. Kemudian pada kedua sudut atapnya terdapat cagak gunting yang berfungsi sebagai pencegah rembesan air hujan.

Di zaman dulu, rumah adat satu ini menggunakan atap dari ijuk daun rumbia atau alang-alang. Meski begitu, jangan salah, air hujan tetap tidak akan merembes, dan rumah ini tidak mudah bocor. Semakin berkembangnya zaman, rumah ini pun sudah banyak dimodifikasi. Jika hendak mengunjungi Imah Julang Ngapak, Anda bisa mencarinya di daerah Tasikmalaya.

0 Komentar