Makanan Sahur dan Menu Buka Puasa Untuk Penderita Diabetes!

Makanan Sahur dan Menu Buka Puasa Untuk Penderita Diabetes! (ilustrasi menu buka puasa dan sahur)
Makanan Sahur dan Menu Buka Puasa Untuk Penderita Diabetes! (ilustrasi menu buka puasa dan sahur)
0 Komentar

KESEHATAN – Kehadiran bulan suci Ramadan sebentar lagi. Pola makan untuk kaum muslim tentu akan berubah saat memasuki bulan puasa.

Ahli gizi Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo memaparkan tentang ragam makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita diabetes ketika menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

“Untuk komposisi makanan saat berbuka, bisa berbuka dengan satu porsi buah segar, boleh pepaya, melon, pisang atau lainnya dan minumlah segelas air putih, kemudian sholat maghrib. Setelah itu, makan utama sama seperti biasanya di hari biasa dengan mengonsumsi nasi, lauk hewani, lauk nabati, sayur dan buah,” terang Fitri saat dihubungi di Jakarta, via Jawapos, Senin.

Baca Juga:Data dan Fakta Perbaikan Jalan Rusak di SubangJabar Terpilih Jadi Ikon Inacraft 2022

Setelah menjalani ibadah Tarawih, Fitri menjelaskan bahwa penderita diabetes dapat mengonsumsi makanan ringan seperti roti isi selai kacang dan satu porsi buah.

Lalu untuk sahur porsi makanan sama seperti makan malam.

Makanan Sahur dan Menu Buka Puasa Untuk Penderita Diabetes!

“Makan sahur haruslah cukup sebagai simpanan energi agar dalam keadaan puasa diabetisi (orang yang mengalami diabetes melitus) tetap dapat melakukan aktivitas seperti biasa,” tambahnya.

Fitri memaparkan bahwa pola makan yang baik untuk penderita diabetes adalah asupan dengan jumlah serat yang cukup untuk membantu menjaga kadar gula dalam keadaan normal, dan serat yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan serta mampu menunda lapar pada pagi hingga menjelang siang.

“Dari makanan yang telah saya sampaikan merupakan pola makanan dengan jumlah serat yang cukup untuk membantu menjaga kadar gula dalam keadaan normal dan serat dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan menunda lapar, khususnya pada pagi hari menjelang siang,” jelasnya.

Ia menambahkan, sebaiknya menghindari minuman manis saat berbuka puasa seperti sirup. Namun sebaliknya, Fitri menganjurkan agar para penderita diabetes mengonsumsi delapan gelas air putih yang terbagi pada waktu imsak sampai waktu berbuka puasa. (Jni)

 

0 Komentar