4 Cara Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi, Mudah Dilakukan di Rumah

4 Cara Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi, Mudah Dilakukan di Rumah
0 Komentar

KESEHATAN – Sendi adalah penyambung atau penghubung antara dua tulang dan berperan penting dalam pergerakan tubuh. Ada banyak sendi yang terdapat di dalam tubuh seperti, sendi bahu, lengan, jari, pergelangan tangan, pinggul, lutut, pangkal paha, tungkai kaki dan jari kaki.

Untuk beberapa kondisi, sendi bisa mengalami masalah, seperti kaku dan terasa nyeri. Nyeri sendi bisa menjadi salah satu gejala dari berbagai jenis penyakit seperti asam urat dan osteoarthritis.

Hampir semua gerakan tubuh melibatkan tulang dan sendi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan sendi agar dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan nyaman.

Baca Juga:Perangkat Daerah Purwakarta Diminta Fokus Capaian Target PendapatanDonor Darah KIIC Karawang, CSR Bidang Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan sendi :

4 Cara Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi, Mudah Dilakukan di Rumah

1. Mengkonsumsi makanan yang baik untuk sendi

Pastikan anda mengkonsumsi beberapa makanan yang baik untuk kesehatan sendi seperti buah-buahan dan sayuran berwarna hijau.

Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak, garam, atu gula seperti soda dan bir.

Perbanyak mengkonsumsi makanan yang dapat mencegah atau mengurangi infalamasi (radang) seperti oatmel dan kunyit.

2. Aktif bergerak

Cara menjaga kesehatan sendi yang kedua yaitu dengan aktif bergerak.

Dengan aktif bergerak dapat membantu mengurangi kekauan pada sendi. Anda harus sering bergerak sepanjang hari dan janga  berada di satu posisi terlalu lama.

3. Menjaga berat badan

Bila anda memiliki berat badan yang berlebihan bisa menyebabkan sendi-sendi tertentu, seperti sendi pinggul, punggung dan lutut menanggung beban yang lebih besar.

Baca Juga:NJOP Karawang Naik Setelah Sembilan Tahun, Demi Penyesuaian Pendapatan DaerahJelang Ramadan dan Idul Fitri, Sekda Jabar Ingatkan OPD Terkait Jaga Ketersediaan 12 Bahan Pokok

Karena semakin berlebihan bobot seseorang, maka makin tinggi risiko gangguan yang bisa timbul pada sendi.

Maka dari itu memilki berat badan yang ideal sangat penting untuk mengurangi beban kerja sendi.

4. Olahraga secara teratur

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang bila dilakukan secara rutin bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Namun, bila olahraga dilakukan berlebihan, manfaat olahraga tidak bisa diperoleh.

Olahraga yang berperan memicu detak jantung, seperti senam aerobik bisa meredakan pembengkakan pada sendi. Tetapi bila anda sedang mengalami nyeri sendi, sebaiknya melakukan olahraga lain seperti bersepeda atau berenang.

0 Komentar