Swasta Lebih Cepat Membangun, Rumah Sakit Pemerintah di Subang Minim

Swasta Lebih Cepat Membangun, Rumah Sakit Pemerintah di Subang Minim
0 Komentar

SUBANG-Kesehatan merupakan layanan dasar yang mesti diberikan pemerintah kepada masyarakat. Fasilitas kesehatan berupa rumah sakit pemerintah di Subang sampai saat ini masih satu, yakni RSUD Subang di Ciereng.

Idealnya, jumlah rumah sakit yang dibangun pemerintah di Subang lebih dari satu mengingat wilayah yang luas dan jumlah masyarakat yang banyak. Wacana pembangunan rumah sakit oleh pemerintah sudah mulai ada, seperti untuk di Pantura dan Subang selatan.

Namun kapan wacana itu akan direalisasikan? Malah lebih dulu berdiri rumah sakit swasta, Hamori di dekat exit Tol Cilameri. Rencananya akan diresmikan akhir tahun ini.

Baca Juga:Diduga Hasil Kejahatan, 63 Kendaraan Diamankan Polres KarawangPemdes Sukakerti Kecamatan Cisalak Kembangkan Beragam Usaha

Informasi yang diperoleh Pasundan Ekspres, anggaran pembangunan RSUD Pantura yang selama ini sudah digaungkan belum ada. Rencananya anggarannya dari provinsi.

“Tidak ada (anggaran dari Banprov Tahun 2022 untuk anggaran RSUD Pantura, red),” kata Kepala BP4D Hari Rubiyanto, kemarin (24/3).

Meskipun demikian Pemkab Subang terus mengupayakan pembangunan RSUD Pantura bisa segera dilaksanakan. Pemkab Subang sebelumnya mengajukan anggaran pembangunan RSUD Pantura tersebut ke pemerintah provinsi. Namun anggaran tersebut di tahun 2022 ini masih belum tampak ada realisasi.

Namun BP4D akan melakukan upaya untuk memasukkan anggaran di tahun 2023. Salah satu cara dengan kerjasama dengan RSUD Subang melalui skema build sharing.

“Kita lihat untuk dianggarkan di 2023-2024 karena memang kita lihat porsi kemampuan anggaran pemda,” jelas Hari kala peresmian Pasar Pusakajaya Februari lalu.

Hari menambahkan, untuk tahun sekarang memang masih belum ada kabar dan kepastian terkait dengan ajuan dana Pemkab Subang pada Provinsi Jawa Barat soal pembangunan RSUD Pantura.

“Sudah diajukan tapi memang belum ada kabar, belum ada kepastian apakah anggaran akan turun atau tidak ditahun ini,” jelasnya.

Baca Juga:Program Sekolah Pencetak Wirausaha Terbukti Kurangi PengangguranPerizinan Tangkap Ikan Kini Melalui OSS, DKP Jabar Gelar Sosialisasi

Pemkab Subang terus berupaya untuk membangun RSUD tersebut termasuk selalu skema built sharing dengan RSUD Subang.

Selain soal anggaran, Hari juga menyebut Pemkab Subang juga pada tahun 2023 perlu menyiapkan anggaran untuk biaya Pilkada serentak serta P3K Guru.

“Tentu dua kegiatan itu anggarannya juga cukup besar dan itu memang perlu disiapkan oleh Pemda,” imbuhnya.

0 Komentar