oleh

Pembangunan Jalan Tol Patimban ditargetkan Selesai tahun 2024

SUBANG-Jalan tol akses Patimban diharapkan bisa mulai beroperasi pada tahun 2024. Kepala KSOP Kelas II Patimban Heri Purwanto mengatakan, pemerintah menargetkan pada tahun 2023 jalan tos tersebut bisa memulai pembangunannya.

“Untuk studi jalan tol memang termasuk dengan kita (Kemenhub), hanya untuk pelaksanaannya ada diranah Kementerian PUPR melalui Badan Usaha Jalan Tol (BUJT),” kata Heri pada Pasundan Ekspres.

Heri menyebut, saat ini proses di lapangan masih terus dilaksanakan dan mengarah pada rencana pembebasan lahan, termasuk meyelesaikan studi AMDAL dan LARAP Jalan Tol Akses Patimban.

“Hanya pemerintah itu memiliki rencana awal tahun 2023 sudah mulai kontruksi, sehingga pada tahun 2024 tol diharapkan sudah mulai bisa digunakan,” jelasnya.

Mengingat jalan tol akses Patimban sendiri diharapkan dapat menunjangPelabuhan Patimban khususnya dalam pengiriman kendaraan dari wilayah Purwakarta dan Karawang.

“Selain itu memang kehadiran tol dapat memaksimalkan kegiatan usaha di Pelabuhan Patimban,” jelas Heri.

Hal itu juga seiring rencana operator dan pemerintah dalam mulai menjalankan kegiatan pengiriman secata maksimal peti kemas atau kontainer di Pelabuhan Patimban yang mulai beroperasi pada tahun 2024.

“Terminal kontainer juga dijadwalkan beroperasi secara maksimal mulai tahun 2024. Jadi ke depannya mulai saat ini juga dari operator akan melengkapi kebutuhan seperti crane dan kebutuhan-kebutuhan lainnya di Pelabuhan Patimban, selain dengan pengiriman kendaraan yang tentunya hingga saat ini terus berjalan,” ujarnya.

Sementara itu, untuk kendaraan truk gandeng dan car carier diperkirakan akan melewati jalan paket 3 yang direncanakan selesai pada Bulan Mei tahun 2022.

“Lalu lintas Pelabuhan Patimban itu nantinya setelah melewati jalan access road Patimban kemudian terhubung ke jalan yang saat ini dikerjakan paket 3. Baik itu kendaraan kontainer, car carier atau berkaitan dengan kegiatan Pelabuhan Patimban masuk lewat jalan itu,” imbuhnya.(ygi/ysp)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.