Waspada! Kenali Penyebab Bayi Rewel Sejak Konsumsi Susu Formula

Waspada! Kenali Penyebab Bayi Rewel Sejak Konsumsi Susu Formula (ilustrasi bayi minum susu formula)
Waspada! Kenali Penyebab Bayi Rewel Sejak Konsumsi Susu Formula (ilustrasi bayi minum susu formula)
0 Komentar

Waspada! Kenali Penyebab Bayi Rewel Sejak Konsumsi Susu Formula

KESEHATAN – Jika kita mempunyai bayi yang memiliki persoalan dengan perut kembung, dan belakangan seringkali terlihat rewel, terlebih kejadiannya usai memberikan bayi susu formula.

Bisa juga kejadian tersebut terjadi saat bayi berganti susu formula, dari merek satu ke lainnya.

Maka, diketahui banyak hal yang menyebabkan bayi rewel, misalnya alergi susu atau menderita kondisi medis lain bernama intoleransi laktosa, Atau bisa jadi ada hubungannya dengan penggunaan AC, yang digunakan di kamar tidur

Baca Juga:Pria Wajib Tahu, Ini Ciri-ciri Wanita Bernafsu TinggiTegas! Dewan Syura PKB Minta Nadiem Tak Hapus Madrasah di RUU Sisdiknas

Berdasar penuturan dr. Irma Noor Budianti, bayi rewel bisa saja dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya intoleransi laktosa.

Waspada! Kenali Penyebab Bayi Rewel Sejak Konsumsi Susu Formula

“Kondisi yang dialami oleh anak Anda saat ini dapat disebabkan oleh beberapa penyebab kemungkinan seperti alergi susu sapi, intoleransi laktosa, kolik,” jelas dr. Irma Noor Budianti seperti dilansir dari Alodokter via Fin.

Selain disebabkan oleh sejumlah faktor di atas, lanjut dia, kondisi lingkungan juga ikut mempengaruhi, bagaimana tingkat kenyamanan bayi.

dr. Irma menambahkan, bahwa alergi susu sapi, ialah reaksi abnormal yang ditunjukan tubuh tentang apa yang terkandung dalam susu.

Hal ini lanjut dia, ditandai dengan sejumlah gejala yang nampak dari fisiknya, atau perubahan rutinitas dari biasanya.

“Keluhan dapat terjadi seperti diare, muntah, sesak napas, batuk, hingga muncul ruam pada kulit,” terang dr. Irma.

Berbeda dengan alergi susu, lanjut dr. Irma Noor Budianti, intoleransi laktosa adalah ketidakmampuan sistem pencernaan bayi dalam mencerna laktosa.

Baca Juga:Wagub Jabar: Bangun Desa Kolaborasikan dengan Program ProvinsiWagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum Minta Remaja Masjid Supaya Tingkatkan Moral, Iman dan Takwa di Era Digital

Laktosa tersebut, menurut dr. Irma yakni sejenis gula alami yang terkandung di dalam susu.

Pada bayi yang mengalami intoleransi laktosa, ditandai dengan gejala di bawah ini:

•    Perut buncit karena kembung
•    Nyeri perut
•    Mual
•    Muntah
•    Diare (bobot bayi sulit bertambah)

Untuk orang tua dengan bayi seperti ciri-ciri di atas, diminta untuk memeriksakan kondisi bayi ke dokter spesialis anak.

“Pemeriksaan serta konsultasi dengan dokter spesialis anak agar dapat diketahui penyebab kondisi anak Anda saat ini serta dokter dapat memberikan anjuran dan penanganan yang sesuai” pungkasnya. (Jni)

0 Komentar