SMA Astha Hannas Jadi Lokasi Penyelenggaraan Rukyatul Hilal, Kemenag Libatkan 50 Petugas 

SMA Astha Hannas Jadi Lokasi Penyelenggaraan Rukyatul Hilal, Kemenag Libatkan 50 Petugas 
Kepala Kemenag Subang, Dr. H. Agus Sutisna
0 Komentar

SUBANG-Menjelang bulan Ramadan tiba, Kementerian Agama akan melakukan rukyatul hilal untuk menentukan 1 Ramadan.Dari sekian banyak titik lokasi rukyatul hilal, salah satunya digelar di Subang tepatnya di SMA Astha Hannas Binong.

Kemenag Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Subang saat ini terus melakukan persiapan agar penyelenggaraan rukyatul hilal berjalan lancar.

Kepala Kemenag Subang, Dr. H. Agus Sutisna mengatakan, sudah melakukan koordinasi dengan pihak SMA Astha Hannas Binong. Rukyatul hilal akan dilaksanakan tanggal 1 Maret 2022.

Baca Juga:Pepeling Rescue Indonesia Dikukuhkan, Kalak BPBD Minta Siaga Saat Bencana

“Akan ada 50 petugas, diantaranya dari Kanwil, Kemenag Subang, Pengadilan Agama Subang dan pihak lainnya,” ungkapnya kepada Pasundan Ekspres, Rabu (30/3).

Sementara itu, selain digelar rukyatul hilal untuk penentuan masuknya bulan Ramdaan, juga akan ada pelantikan Badan Hisab Rukyat (BHR).

Dilansir dari website resmi Kemenag, Kementerian ini akan menggelar Sidang Isbat (penetapan) 1 Ramadan 1443 H pada Jumat, 1 April 2022 petang.

Sebagaimana biasa, sidang yang berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kementeran Agama ini akan didahului dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib, menjelaskan bahwa sidang Isbat akan mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Secara hisab, kata Adib, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadan jatuh pada Jumat, 1 April 2022 M atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 H sekitar pukul 13.24 WIB.(ygo/ysp)

0 Komentar